banner here

Daftar Penyakit Paling Berbahaya Bagi Wanita

- 04.06.00
Health Happiness and Hope
Daftar Penyakit Paling Berbahaya Bagi Wanita

Daftar Penyakit Paling Berbahaya Bagi Wanita. Setiap orang tentunya pasti ingin memiliki kondisi fisik yang sehat, akan tetapi penyakit bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, begitu pula pada wanita yang kondisi fisiknya lebih rentan dari pada pria. Penyakit-penyakit yang khas dan tak dimiliki oleh kaum pria menjadi penyakit yang sulit diobati dan bahkan satu-satunya jalan adalah dengan operasi. Namun sebelum datangnya penyakit berbahaya tersebut datang kepada kita yang wanita adakalanya kita menghindari gejalanya terlebih dahulu, jika sudah datang penyakit tersebut mestilah kita obati.

Ilmu pengetahuan tentang penyakit yang biasanya diderita oleh kaum wanita, tak harus hanya wanita yang mengetahui nya,namun para pria pun wajib mengetahuinya terlebih kepada anda para suami ,agar lebih memahami kondisi sang istri, karena kondisi tubuh wanita sangatlah rentan ,apalagi dalam kondisi tertentu seperti kecapean akibat terlalu banyak bekerja dan lainnya, sehingga diwajibkan agar suami selalu siap siaga sebagai kepala keluarga.

Daftar penyakit paling berbahaya bagi wanita

Pentingnya menjaga kesehatan kita agar dapat terhindar dari berbagai penyakit yang sewaktu-waktu mengancam kita. Begitu juga para kaum wanita untuk selalu waspada dan jangan pernah mengabaikan atau menyepelekan apapun jenis penyakit meskipun itu tampak ringan awalnya. Berikut daftar penyakit paling berbahaya bagi wanita  diantaranya:

1. Tampak tua diusia muda

Pada dasarnya wanita mencapai usia baligh lebih cepat dari pria. Perbedaannya dengan wanita adalah 6 tahun, 9 tahun wanita mencapai usia baligh sedangkan usia 15 tahun pria/laki-laki baru mencapai usia baligh. Oleh karena itu wanita akan cepat lebih tua dari pada laki-laki. Jika anda menikah dengan pasangan yang seumur maka anda harus tahu bagaimana caranya supaya anda tetap tampil lebih muda dari pasangan anda. Cepat tua bukan merupakan penyakit tetapi akan menjadi sangat berbahaya bagi anda ladies, karena jika anda terlihat lebih tua dari pasangan anda bisa-bisa pasangan anda mencari yang lebih muda.

2. Kanker Payudara

Penyakit yang satu ini sangat ditakuti oleh kebanyakan wanita karena sesuai dengan namanya "kanker" pasti ada tumor yang menggerogoti bagian Payudara atau tumor ganas yang menyerang sel-sel di dalam Payudara. Kanker yang satu ini ditandai dengan adanya bintik merah kecil di area Payudara dan terasa sakit. Jika sudah ada tanda tanda tersebut maka anda harus waspada. Mula-mula bintik itu kecil lalu membesar dan keluar nanah. Tentu sangat menakutkan. Walaupun pada pria juga bisa terjadi kanker Payudara tetapi perbandingannya 1 dari 1000 wanita. Kanker Payudara ini kebanyakan bersifat genetik yang diturunkan dari induk wanita tersebut, tetapi kemungkinan juga dapat terjadi karena obesitas, konsumsi lemak yang berlebih, terapi hormon, dan hubungan yang beresiko.Kanker payudara yang terlambat diobati bisa menyebabkan kematian. Untuk mencegah kanker payudara, atau paling tidak mendapatkan pengobatan dini, para wanita disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Gejala awal kanker payudara adalah tumbuhnya benjolan di payudara. Pada stadium lanjut, benjolan itu bisa terus membesar, menyebabkan borok dan tak jarang memngakibatkan pengangkatan payudara. Gejala abnormal lainnya adalah keluarnya cairan selain air susu, kondisi puting susu yang masuk, serta rusaknya jaringan kulit di area payudara.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Kanker Payudara

3. Kanker Serviks

Jenis kanker serviks menyerang pada bagian uterus atau pintu masuknya dari Mrs.V. Kanker ini bukan kanker rahim, tetapi kanker yang terjadi pada leher rahimnya (Cervical).

Baca juga : 5 cara mudah mencegah Kanker Serviks

4. Kanker Rahim

Jenis Kanker yang satu ini terjadi di dalam rahim atau lapisan endometriumnya. Kanker ini umumnya terjadi pada wanita usia 40 ke sana atau sudah mencapai masa menopause. Tetapi tidak sedikit juga usia muda sudah ada yang terangkit penyakit ini. Penyebab dari datangnya penyakit ini adalah ada serangan virus yaitu HPV (Human Papiloma Virus).

Tumbuhnya kista kecil pada ovarium adalah penyebab kanker rahim. Kanker rahim dapat menyebabkan gangguan hormonal pada wanita dan mempengaruhi siklus haid, membuat sulit hamil, serta masalah kesehatan lainnya. Wanita dengan kurang bisa menjaga kebersihan mr.v nya berisiko 50 hingga 60 persen terhadap penyakit ini.

Baca juga : Ciri dan Gejala Penyakit Kanker Rahim

5. Osteoporosis

Meski terkesan sepele, osteoporosis merupakan salah satu dari penyakit berbahaya pada wanita yang umumnya akan menyerang wanita di usia 40-an, atau wanita yang memasuki masa menopause. Kekurangan kalsium serta pberkurangnya produksi hormon estrogen adalah penyebab utama osteoporosis. Penyakit ini menjadi berbahaya ketika terlambat didiagnosis.

Baca juga : Penyakit tulang dan pencegahannya

6. Anemia (Kurang Darah)

Anemia atau biasa kita sebut dengan kurang darah adalah istilah yang mengacu pada penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin (hb) yang disebabkan karena kekurangan zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Kurangnya darah ini banyak ditemukan pada wanita. Wanita lebih banyak mengalami anemia dari pada pria karena setiap bulannya wanita mengalami menstruasi sehingga darah pun banyak keluar. Ada beberapa jenis anemia, yaitu anemia zat besi, anemia vitamin. anemia hemolitik, anemia aplastik, anemia karena penyakit kronis, dan anemia sel sabit. Tanda dari penyakit ini adalah cepat lelah, terlihat seperti orang sakit, pigmen kulit pudar, tidak kuat mengangkat beban yang berat.

Baca juga : Penyakit Anemia dan Pencegahannya

7. Keputihan

Keputihan adalah kondisi wajar yang dialami oleh kaum hawa. Semua wanita dalam hidupnya pasti mengalami masalah keputihan apalagi pada saat mau datangnya haid ataupun setelah selesai haid. Penyakit khusus wanita ini ditandai dengan adanya cairan putih mulai dari cairan yang encer sampai kental, memiliki bau tak sedap, dan disertai dengan rasa gatal. Masalah keputihan biasanya dapat dikarenakan beberapa faktor, seperti kecapean, stress, jenis asupan makanan, dan lain sebagainya. Walaupun keputihan ini dikatakan wajar pada wanita, tetapi apabila dibiarkan akan menjadi penyakit yang serius. Jika keputihan anda biasanya hanya cairan putih bening atau putih itu masih bisa dikatakan bebas dari kata berbahaya. Tetapi jika cairan sudah berubah warna menjadi kuning atau sampai warna hijau diserta bau yang sangat menyengat, kemungkinan besar di dalam organ Mrs.V anda terdapat penyakit berbahaya dan sebaiknya Anda harus segera memeriksakan ke dokter.


Baca juga : Penyebab Menstruasi Pada Wanita dan Gejalanya

Demikian beberapa Daftar Penyakit Paling Berbahaya Bagi Wanita, Mudah-mudahan bagi Anda para wanita terhindar dari penyakit berbahaya tersebut. Memang kondisi ini sangat menakutkan tapi masih bisa diatasi asal anda selalu menjaga kesehatan. Semoga bermanfaat .
Advertisement advertise here
 
banner here