banner here

Cara Mengatasi Batuk Alergi

- 17.50.00
advertise here
Cara Mengatasi Batuk Alergi

Cara Mengatasi Batuk Alergi, Batuk alergi biasanya timbul karena reaksi spontan tubuh yang tidak dapat mentoleransi beberapa zat tertentu penyebab alergi, misalnya pada debu dan udara dingin.

Batuk sebenarnya adalah reaksi tubuh untuk membersihkan berbagai partikel asing yang mungkin menyumbat saluran pernapasan kita misalnya lendir, iritasi, atau bakteri mikroba. Jadi batuk sebenarnya hanyalah reaksi tubuh yang sifatnya spontan dan menjaga tubuh dari masuknya beberapa zat yang dapat menimbulkan permasalahan saat bernapas. Batuk alergi biasanya terjadi karena penumpukan lendir di saluran pernapasan karena alergi pada udara dingin.

Batuk alergi timbul dengan tidak disertai demam dan sebenarnya cenderung tidak mengeluarkan dahak. Timbulnya batuk biasanya pada pagi dan malam hari, sebaiknya mengkonsumsi obat anti alergi, anti histamin, atau obat batuk saja tanpa harus menggunakan antibiotik karena batuk ini tidak disebabkan oleh infeksi karena bakteri tertentu.

Baca juga : Batuk Kronis Penyebab dan Pencegahannya

Penyebab batuk alergi


Batuk alergi bisa berlangsung lama atau malah hanya sesaat saja. Oleh karena itu kita harus mengetahui batuk alergi yang kita derita timbulnya karena penyebab apa.

  • Beberapa zat yang terbang di udara dan terhirup udara dapat menyebabkan batuk alergi, misalnya debu, mikroba, serangga, asap rokok, serpihan sampah, dan beberapa zat kimia seperti obat nyamuk, parfum, dan lain-lain.
  • Zat-zat kimia tertentu yang terdapat dalam makanan, seperti MSG, pengawet makanan, dan histamin.

Gejala batuk alergi

  • Pilek yang mungkin disertai bersin-bersin, hidung tersumbat, dan saluran pernapasan terganggu.
  • Terkadang batuk disertai dengan asma, dan bunyi (mengi).
Baca juga : Waspadai batuk berkepanjangan


Cara Mengatasi Batuk Alergi


Jika Anda menderita batuk alergi maka konsumsilah obat batuk yang biasanya di jual di apotek, obat batuk tersebut bukanlah antibiotik namun obat batuk biasa.

Cara mengobati batuk alergi secara alami

Namun, jika Anda menyukai untuk berobat secara alami Anda dapat mengkonsumsi obat tradisonal batuk alergi seperti habbatussauda, madu, jeruk nipis, kecap, atau jahe merah untuk meredakan batuk Anda. Obat batuk alami ini memang banyak diminati karena rendahnya bahaya dari efek samping pada kesehatan disamping juga biaya yang tidak mahal

Berikut ini beberapa obat tradisional untuk mengatasi batuk alergi paling manjur yang bahan-bahannya tersedia dirumah sendiri :

1. Mengobati Batuk dengan Kunyit

Selain dikenal sebagai rempah-rempah pelengkap masakan dan pewarna kuning alami, kunyit juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Senyawa kimia kurkumin yang terkandung di dalam kunyit, berperan untuk membantu proses penyembuhan pada tubuh, termasuk mengatasi gejala alergi.
Cara merabuat ramuan obat batuk ini cukup mudah, campurkan setengah sendok teh kunyit yang sudah ditumbuk ke dalam satu gelas susu, lalu tambahkan madu.

Baca juga : Sejarah dan Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

2. Kemangi untuk mengobati batuk

Daun kemangi diketahui kaya akan antioksidan, beta karoten, cryptoxanthin, lutein, vitamin A, dan zea xanthin. Bahan kandungan tersebut berfungsi dalam melindungi tubuh terhadap radikal bebas yang mempercepat proses penuaan dini. Mengkonsumsi daun kemangi juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mengurangi resiko dari penyakit berbahaya. Sementara itu, air rebusan daun kemangi hangat dapat berkhasiat untuk mengobati batuk karena alergi.

3. Jeruk Nipis untuk obat batuk

Jeruk nipis mengandung minyak astiri dan vitamin C serta zat-zat yang mampu mengendalikan otot-otot di pernapasan sehingga batuk menjadi reda.  Perasan air jeruk dicampur dengan madu dan air matang.
Cara membuat obat batuk tradisional ini pun sangat mudah, cukup dengan mencampurkan 1 sendok makan perasan air jeruk nipis, 3 sendok makan madu (disarankan madu murni) dan 5 sendok makan air matang. Ramuan ini dapat dikonsumsi 1 sendok teh dua kali sehari. Jika tidak ada madu, anda juga dapat menggantinya dengan kecap untuk mengurangi rasa masam.

Baca juga : Manfaat jeruk nipis sebagai obat batuk alami

4. Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluh adalah sebagai bahan masakan untuk menghasilkan rasa masam yang alami. Rasa asamnya sangat nikmat saat menyajikan kudapan misalnya seperti rujak atau asinan selain itu, belimbing wuluh memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Anak-anak yang rentan terhadap penyakit batuk ini bisa diberikan pengobatan dengan belimbing wuluh. Campurkan 3 buah belimbing wuluh, beberapa buah adas, dan gula secukupnya ke dalam satu cangkir air. Campuran tersebut ditaruh dalam mangkuk dan direbus dalam panci (ditim) selama beberapa jam. Setelah dingin, ramuan dapat disaring dengan kain dan dibagi untuk diminum dua kali sehari sebelum makan pada saat pagi dan malam.

Baca juga : Belimbing dan mengkudu, berbahaya bagi ginjal

5. Daun Sirih

Daun sirih mengandung zat alami antiseptik dan antibiotik. Kandungan betephenol, seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang dapat mematikan kuman serta antioksidasi. Oleh karenanya daun sirih hijau dapat mengobati berbagai penyakit yang disebabkan terinfeksi bakteri, virus dan jamur, salah satunya dalah batuk. Minyak atsiri dari daun sirih dapat berkhasiat sebagai peluruh dahak, serta memberikan rasa hangat dan melegakan tenggorokan. Rebuslah 5 daun sirih merah dalam segelas air, lalu minum rebusannya 2 kali setiap hari secara teratur.

6. Serai

Serai kerap digunakan sebagai bumbu dapur  karena mempunyai aromanya yang khas dan wangi. Ekstrak sitronelol dan geranial yang terdapat dalam serai merupakan bahan alami yang dapat mengatasi batuk. Selain itu, serai juga ampuh dalam meredakan peradangan di saluran napas. Cara meramu serai tidaklah sulit, hanya dengan merebus beberapa gram akar serai yang sudah dicuci bersih selama kira-kira 15 menit, ramuan serai sudah dapat dikonsumsi. Ramuan ini cukup dikonsumsi satu gelas per hari.

7. Daun Asam

Khasiat dari daun asam memang belum sepopuler khasiat buah asam. Jika dilihat sekilas, bentuk daun asam sangat mirip dengan daun saga, yang membedakan hanyalah ukuran daun asam jauh lebih lebar dari daun saga. Selain dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, daun asam juga dapat berkhasiat sebagai obat batuk yang mujarab. Mengkonsumsi air rebusan dari daun asam setiap hari sangat efektif dalam menyembuhkan batuk. Cara lain untuk meramu daun asam jawa yaitu dengan dihaluskan dan kemudian diambil sari patinya.

Baca juga : Cara mengobati batuk berdahak secara alami


Selain melakukan pengobatan batuk dengan obat tradisonal, Anda juga di anjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung anti oksidan seperti tomat, wortel, dan lain-lain agar daya tahan tubuh terjaga dengan baik.
Demikian informasi mengenai Cara Mengatasi Batuk Alergi semoga bermanfaat

Advertisement advertise here
 
banner here