banner here

Faktor Pemicu Gejala Kanker Serviks

- 09.05.00
Health Happiness and Hope

Faktor Pemicu Gejala Kanker Serviks
Faktor Pemicu Gejala Kanker Serviks. Kanker serviks adalah penyakit kanker yang terjadi pada daerah leher rahim. Yaitu daerah pada organ reproduksi wanita yang merupakan pintu masuk ke rahim. Letaknya antara rahim (uterus) dan organ reproduksi wanita (vagina).

Kanker ini 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) atau virus papiloma manusia onkogenik, yang menyerang leher rahim.

HPV menimbulkan kutil pada pria maupun wanita, termasuk kutil pada kelamin, Kanker serviks terjadi jika kedapatan infeksi yang tidak sembuh-sembuh untuk waktu yang lama. Sebaliknya, kebanyakan infeksi HPV bisa hilang, apabila aktivitas kekebalan tubuh seseorang meningkat dan melawan infeksi tsb.

Faktor pemicu resiko kanker serviks

  1. Riwayat keluarga
  2. Sering merokok atau sering terpapar asap rokok dari orang lain
    Asap rokok mengandung racun nikotin yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui paru-paru yang kemudian akan masuk ke dalam darah dan menyebarkan racun tersebut ke seluruh tubuh.
    Zat nikotin adalah salah satu faktor penyebab kanker kanker serviks dimana pada seorang perokok zat ini akan mengendap dan menyebar dengan mudahnya ke seluruh bagian tubuh termasuk organ-organ tubuh dalam yang memiliki kepekaan yang sangat tinggi terhadap zat nikotin yaitu mulut rahim dan selaput leher rahim.
  3. Produk pembersih organ kewanitaan
    Sebaiknya anda memperhatikan kandungan bahan kimia yang digunakan pada produk antiseptik tersebut.
  4. Kebiasaan menaburi bedak pada organ kewanitaan
  5. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi
  6. Pola makan yang tidak sehat juga berkaitan erat dengan resiko kanker.
  7. Kurang asupan vitamin
    Vitamin sangat berguna untuk memperkuat imun tubuh dan memperbaiki mukosa, asam folat dan beta karotene. Penderita kanker serviks pada umumnya adalah orang-orang yang kurang mendapatkan asupan vitamin yang baik dari makanan mereka.
  8. Berhubungan intim di bawah umur
    Pernah atau sering melakukan hubungan intim di bawah umur juga bisa meningkatkan resiko kanker serviks karena pada seseorang yang berusia 12-17 tahun sel yang berada di dalam mulut rahim dalam keadaan yang sangat aktif.
  9. Keputihan yang berlarut-larut
    Kanker serviks disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV) yang suka hidup di daerah yang mempunyai kelembapan yang tinggi atau di dalam cairan vagina wanita penderita leukore (keputihan)
    Virus ini bisa mengakibatkan kanker serviks apabila keputihan ini menunjukkan gejala abnormal. Tanda-tanda yang muncul biasanya adalah adanya perdarahan yang keluar dari vagina dan banyaknya cairan keputihan yang mempunyai bau tidak sedap.

Gejala Kanker Serviks

Waspadai gejala berikut, untuk memastikannya sebaiknya berkonsultasi dengan dokter:
  1. Sering buang air kecil
  2. Gangguan pencernaan
  3. Kurang nafsu makan
  4. Sakit saat berhubungan intim
    Pada dasarnya sel kanker pada rahim juga dapat merambat hingga organ intim, dan jika ini terjadi Anda tidak diperbolehkan melakukan hubungan intim. Karena selain dapat memperparah penyakit, resiko pasangan tertular juga bisa terjadi.
  5. Daya tahan tubuh berkurang
    Seperti jenis kanker lainnya, kanker serviks juga bisa mengakibatkan Anda menjadi cepat lelah, letih dan lesu.
  6. Sakit pada pinggul
  7. Siklus menstruasi yang berubah-ubah
  8. Berat badan berlebih
    Bagi Anda wanita gemuk, sebaiknya Anda kurangi daya makan Anda, atau diet karena pada wanita gemuk daya esterogen akan lebih besar, dan resiko terkena kanker ini akan lebih tinggi.
  9. Menstruasi sebelum 12 tahun
  10. Mandul
    Yaitu ketidak mampuan dalam memproduksi sel telur, sehingga kemungkinan besar rahim Anda sudah rusak karena adanya sel kanker.
  11. Keputihan yang berlebihan dan tidak normal.
  12. Hambatan dalam berkemih, serta pembesaran ginjal.

Diagnosa kanker serviks

Upaya pendeteksian kanker yang terkini adalah dengan Digital Infrared Imaging atau Pencitraan Inframerah Digital (PID). Teknik ini untuk memonitor kesehatan payudara maupun leher rahim pada wanita terhadap adanya proses prakanker.

Pantangan Penderita Kanker Serviks

Beberpa pantangan yang perlu dihindari penderita jika telah terdiagnosa kanker serviks:
  • Hindari makan jeroan, ayam broiler, telur, gorengan, fastfood,
  • Hindari kacang kedelai dan produk dari kacang kedelai seperti tahu, tempe, susu kedelai.
  • Kurangi makanan / minuman yang manis2.
  • Perbanyak makan sayuran (kecuali kol) & buah-buahan (kecuali durian, juga buah-buahan yang terlalu manis seperti rambutan, lengkeng).
  • Hindari STRESS yang berlebih.
Baca juga : 5 cara mudah mencegah Kanker Serviks

Cara mengobati Kanker Serviks

Mengobati penyakit kanker serviks dengan obat tradisional menjadi pilihan sebagian orang yang mempercayai akan keampuhan tanaman herbal dalam penyembuhan kanker serviks.

Daun sirsak adalah salah satu tanaman obat yang berkhasiat nyata dalam mengatasi berbagai 14 penyakit kanker, termasuk kanker serviks atau kanker rahim.

Menurut penelitian, pengobatan herbal dengan memanfaatkan daun sirsak terbukti 10000 kali lebih efektif dan lebih kuat dibanding kemoterapi modern untuk melawan sel kanker dalam tubuh. Pernyataan ini dibeberkan oleh Reiser MJ, Mc Laughlin, dan Fang XP di AgrEvo Research Center, Amerika. penelitian tentang senyawa baru pada daun sirsak, yakni “Annonaceae asetogenin” yang bermanfaat bagi pasien penderita kanker.

Acetogenins (senyawa anti kanker), zat tersebut dapat menghambat pertumbuhan ATP (Adenosina Trifosfat) yang merupakan sumber energi pertumbuhan sel kanker, ini berarti apabila perkembangan ATP terhambat, pastilah sel kanker dalam tubuh akan mati dan berhenti berkembang karena tak mendapat energi.

Acetogenins telah terbukti sebagai senyawa sitotoksik terbesar dalam membunuh sel kanker. Bahkan, annonaceous acetogenins sering disebut sebagai inhibitor atau penghambat pertumbuhan sel kanker paling kuat.

Penelitian pertama mengenai sifat sitotoksik acetogenins dilakukan oleh Universitas Purdue, di West Lafayette, Indiana, Amerika Serikat. Penelitian lain yang membuktikan khasiat kandungan acetogenins di berbagai negara dibiayai oleh Lembaga Institut Kanker Nasional, Amerika Serikat. Dari penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa sebanyak 20 tes laboratorium menemukan bahwa daun dan batang “Annona muricata Linn” (sirsak). memiliki sitotoksitas terhadap sel kanker.

Melihat akan keampuhan dari daun sirsak dalam mengatasi kanker serviks, Bagi Anda yang sedang menderita kanker serviks kiranya khasiat rebusan daun sirsak ini dapat Anda coba untuk membantu mengatasi kanker serviks Anda.

Baca juga : Obat Alami Penyakit Kanker Rahim Paling Ampuh


Demikian sedikit ulasan mengenai beberapa Faktor Pemicu resiko kanker serviks dan Gejala Kanker Serviks. Semoga bermanfaat.
Advertisement advertise here
 
banner here