banner here

Obat Sakit Gigi Alami yang Patut Dicoba

- 02.26.00
Health Happiness and Hope
Obat Sakit Gigi Alami yang Patut Dicoba

Obat Sakit Gigi Alami yang Patut Dicoba. Sebagian besar orang pasti pernah mengalami sakit gigi, hal ini tentunya sangatlah mengganggu. Lalu tahukah anda bagaimana cara mengobati sakit gigi? kali ini penulis akan berbagi artikel kesehatan tentang obat sakit gigi.

Penyebab sakit gigi adalah umumnya disebabkan oleh lubang pada gigi yang disebut karies gigi atau kavitasi. Selain itu, Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh hal-hal lain diantaranya gigi longgar, erosi gusi, atau infeksi kanal akar gigi. Oleh karena itu kita harus tahu cara mencegah sakit gigi yaitu dengan selalu menjaga kebersihan gigi kita.


Baca juga :Cara mengobati batuk berdahak secara alami

Obat sakit gigi adalah ada yang berupa obat bahan kimia yang bisa dibeli di apotik dan ada juga obat sakit gigi alami atau tradisional. Berikut ini adalah ulasan obat sakit gigi bahan kimia maupun obat sakit gigi alami :

1.Obat Sakit Gigi di Apotek

Ada 3 macam jenis obat sakit gigi  dari resep dokter yang biasa dikonsumsi oleh penderita sakit gigi , yaitu :
  1. Asam Mefenamat 500 mg, dosis 3 x 1
  2. Clindamycin 150 mg, dosis 3 x 1
  3. Dexamethazon 0,5 mg, dosis 3 x 1

2.Obat Sakit Gigi Alami

1. Akar Kangkung

Bahan: Segenggam akar kangkung dan 1/2 sdt cuka.
Cara mengobati sakit gigi secara alami dengan kangkung, Rebus akar kangkung yang telah dibersihkan dalam panci berisi segelas air, lalu tambahkan 1/2 sdt cuka. Gunakan air rebusan yang sudah agak dingin tadi untuk obat sakit gigi.

2. Bawang Putih

Bahan: 1 butir Bawang putih .
Cara mengobati sakit gigi dengan bawang putih yang pertama: Bawang putih dikupas kulitnya lalu ditumbuk sampai halus. Tempelkan bawang putih yang telah ditumbuk tadi pada gigi bagian  luar yang sakit.
Cara mengatasi sakit gigi yang kedua,yaitu, bawang putih dicuci menggunakan air hangat. Lalu bawang putih mentah yang telah dicuci dikunyah beberapa menit, lalu buang kunyahan bawang putih tadi . hal ini bertujuan untuk membunuh  bakteri penyebab sakit gigi.

3. Asam Jawa untuk menyembuhkan Karang Gigi

Bahan: Biji asam jawa secukupnya.
Cara mengobati sakit gigi dengan asam jawa adalah Biji asam jawa disangrai (Digoreng tetapi tidak memakai minyak goreng) lalu ditumbuk hingga halus. Kemudian biji asam jawa yang sudah halus tadi dimasukkan ke dalam kain, setelah itu gosokkan pada gigi yang berlubang.

4. Cabe Rawit

Bahan: Cabe rawit secukupnya ,kapas dan air panas
Cara mengobati penyakit gigi dengan cabe rawit yaitu, Siapkan cabai rawit lalu ditumbuk, lalu tumbukan cabai tadi diseduh dalam air panas. Basahi kapas menggunakan air cabai rawit yang telah diseduh tadi, lalu tempelkan pada gigi yang sakit atau air tadi Bisa juga dipakai untuk berkumur.

5. Teh Hangat tawar

Bahan: Satu gelas teh hangat tanpa gula.
Cara menyembuhkan gigi dengan teh hangat adalah, Berkumurlah dengan air teh hangat lalu biarkan sekitar 15 menit. Kemudian tempelkan kantung teh bekas pada gusi yang sakit untuk meredakan peradangan.

6. Daun Sirih & Cengkeh

Bahan: Daun sirih dan cengkeh.
Cara membuat ramuan obat sakit gigi dengan daun sirih adalah, Rebus daun sirih dan cengkeh secukupnya, lalu pakai air hasil rebusan tadi untuk berkumur beberapa kali. Jika Anda malas membuat obat sakit gigi dari daun sirih dan cengkeh maka anda bisa membeli obat kumur dari campuran kedua bahan ini di pasar.

7. Minyak Cengkeh

Bahan: Minyak cengkeh secukupnya dan air hangat.
Cara mengobati sakit gigi secara alami dengan cengkeh adalah teteskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit memakai kapas, bisa juga tempelkan minyak cengkeh pada gigin yang sakit menggunakan cotton bud. Tunggu bebearapa watu hingga rasa sakit hilang lalu setelah itu berkumur menggunakan air yang hangat.

8. Bunga Matahari

Bahan: Bunga matahari (50 gram), jahe (5 gram), dan air putih (600 cc).
Cara mengurangi sakit gigi dengan bunga matahari adalah Rebus hingga mendidih bunga matahari dan jahe dalam 600 cc air dan rebus terus hingga air tersisa 300 cc, lalu Saring air hasil rebusan tadi dan minum obat sakit gigi tradisional ini selagi hangat.

9. Daun Cengkeh

Bahan: Daun cengkeh secukupnya dan kapas.
Cara menyembuhkan sakit gigi dengan daun cengkeh adalah Seduh dalam segelas air panas daun cengkeh yang telah dicuci hingga bersih lalu lumatkan daun cengkeh. Pakailah kain untuk memeras daun cengkeh yang halus, setelah itu tempelkan kapas pada air hasil perasan. Terakhir, gosokkan kapas pada gigi yang sakit atau berlubang.

10. Getah Jarak

Bahan: Getah tanaman jarak secukupnya dan kapas
Cara mengobati sakit gigi berlubang dengan jarak adalah gigi yang berlubang ditetesi getah jarak sedikit demi sedikit, atau bisa juga dengan cara menyelipkan kapas  pada gigi yang berlubang.

11. Akar Meniran

Bahan: Akar meniran (5 gram).
Cara mengobati sakit gigi dengan akar meniran adalah kunyah akar meniran yang telah dibersihkan, dalam proses pengunyahan tersebut pakailah gigi yang sakit. Setelah selesai, maka berkumurlah dengan air bersih.

12. Sirih

Bahan: Sereh atau sirih (40 gram) dan air matang (2 gelas).
Cara mengatasi sakit gigi dengan sirih adalah Rebus hingga mendidih sereh dalam panci berisi 2 gelas air, rebus terus hingga air berkurang kira-kira satu gelas. Gunakan obat sakit gigi tradisional ini untuk berkumur setiap hari.

13. Minyak Batok Kelapa

Bahan: Batok kelapa yang sudah terbagi menjadi dua dan kapas.
Cara mengobati: Ambil salah satu bagian batok kelapa, lalu dibakar hingga minyaknya keluar. Minyak batok kelapa diambil dengan kapas, kemudian tempelkan di gigi yang sakit.

14. Biji Jarak Cina

Bahan: 1 butir biji jarak cina dan 1 gelas air panas.
Cara mengobati : Haluskan hingga benar-benar halus biji jarak cina dengan cara digiling ataupun ditumbuk lalu diseduh pada satu gelas air panas dan diaduk beberapa saat. Setelah itu airnya disaring dan tunggu hingga dingin kemudian gunakan air ramuan obat sakit gigi tadi untuk berkumur beberapa kali.

15. Daun Inggu Kering

bahan: 2 gelas ukuran sedang air bersih serta 2-4 gram daun inggu yang kering Cara mengobati: daun inggu kering direbus menggunakan panci yang didalamnya berisi 2 gelas air, tunggu hingga mendidih. Lalu Saring air hasil rebusan tadi dari daunnya, tunggulah hingga hangat lalu gunakan air hasil rebusan tadi untuk berkumur beberapa kali.

16. Jeruk Nipis

Bahan: Jeruk nipis
Cara menyembuhkan sakit gigi dengan jeruk nipis adalah Peras jeruk nipis lalu teteskan pada bagian gigi yang berlubang. Proses ini bisa menyebabkan rasa perih namun rasa sakit gigi dapat cepat hilang karena Kandungan vitamin C pada jeruk nipis dapat menyembuhkan sakit gigi berlubang.

Baca juga : Manfaat jeruk nipis sebagai obat batuk alami

17. Garam

Bahan : garam dan air hangat
Cara pengobatan sakit gigi dengan garam adalah Sediakan air hangat lalu masukan sedikit garam. Gunakan air tersebut untuk berkumur beberapa kali dan rasa sakit gigi dapat menghilang karena Kandungan yodium pada garam

18. Lada

Bahan : Lada dan garam dapur
Cara mengobati gigi berlunamg dengan lada yaitu Siapkan lada dan garam yang telah dicampur menjadi satu. Beri air secukunya hingga berbentuk seperti pasta. Lalu oleskan pada bagian gigi yang berlubang dan tunggu beberapa menit, setelah selesai berkumurlah menggunakan air bersih.

19. Bawang Merah

Bahan : Bawang Merah
Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah caranya adalah Siapkan 1 buah bawang merah yang telah dikupas kulitnya. Kunyah bawang merah tersebut. Jika gigi anda terasa terlalu sakit untuk mengunyah maka Anda cukup mengoleskan saja bawang merah tadi pada bagian gigi yang berlubang. Bawang merah memiliki sifat anti mikroba serta antiseptic yang bisa menghilangkan rasa sakit gigi.


Baca juga :  10 makanan Sehat, Jantung Berdebar-debar

Itulah daftar obat sakit gigi yang bisa anda coba untuk menyembuhkan sakit gigi anda. Semoga bermanfaat.
Advertisement advertise here
 
banner here