banner here

Cermat Memilih Minyak Zaitun Berkualitas

- 08.35.00
Health Happiness and Hope
Cermatlah memilih minyak zaitun yang berkualitas

Cermatlah memilih minyak zaitun yang berkualitas. Anda tentu sangat mengenalnya, atau bahkan sudah sering mengkonsumsinya. Ya, minyak zaitun memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Minyak zaitun banyak digunakan sebagai tambahan komposisi bagi obat-obatan herbal, madu, maupun dikonsumsi dalam kondisi murni. Minyak zaitun atau olive oil dihasilkan dari pengolahan buah zaitun, buah dari pohon Olea Europea yang banyak tumbuh di lembah Mediterania, Asia, dan Afrika.Di pasaran, ada beberapa jenis minyak zaitun, berdasarkan proses pengolahannya. Virgin berarti tidak melalui proses kimiawi. Refined adalah minyak zaitun yang sudah melalui proses kimiawi. Sedangkan Pomace artinya minyak sudah diekstraksi dengan pelarut atau dipanaskan dengan suhu tinggi.

Baca :Manfaat Zaitun Hydroxytyrosol Antioksidan Mediterania


Tingkatan Minyak Zaitun

1. Extra Virgin Olive Oil

Extra Virgin Olive Oil adalah minyak zaitun dengan kualitas terbaik. Minyak zaitun jenis ini dihasilkan dari perasan pertama buah zaitun. Kandungan nutrisi dan vitaminnya tinggi, tidak ada bahan kimia tambahan, bening, lembut, bertekstur, rasanya unggul, dan tingkat asam oleat-nya kurang dari 1 %.

2. Virgin Olive Oil

Sementara Virgin Olive Oil adalah pengolahan tahap kedua buah zaitun. Meskipun masih berkualitas tinggi, namun lebih rendah dari Extra Virgin Olive Oil.

3. Pure Olive Oil  

Sedangkan Pure Olive Oil adalah campuran dari refined olive oil dan virgin olive oil. Kandungan nutrisinya lebih rendah, harganya pun lebih murah. Tingkatan paling rendah adalah Pomace Olive Oil.Minyak jenis ini dihasilkan dari residu minyak yang tersisa di pomace zaitun, dan dicampur dengan sedikit virgin oil agar bisa diterima oleh konsumen.

4. Lite Olive Oil

Satu jenis lagi, yaitu Lite Olive oil. Lite olive oil hanya mengandung sejumlah kecil virgin oil. Rasa dari minyak ini ringan dan warnanya pun cerah. Kualitas dari minyak zaitun jenis lite olive oil ini sangat rendah.

Untuk mendapatkan khasiat minyak zaitun, kita harus memilih minyak zaitun yang berkualitas bagus dan segar. Nicholas Coleman, spesialis olive oil di New York City, mengatakan,
“Untuk mendapat kualitas yang baik, Anda harus memperhatikan kapan minyak zaitun yang akan dibeli, dan dari mana minyak zaitun berasal”.

Tips mengetahui kualitas minyak zaitun menurut Coleman adalah,
“Ketika Anda mencicipi minyak zaitun berkualitas baik, Anda akan merasakan sensasi pedas di bagian pangkal tenggorokan setelah mencicipinya.” 
Baca juga : 17 manfaat buah acai berry untuk kesehatan


Rasa pedas ini menunjukkan kandungan antioksidan dalam minyak zaitun. Dan, semakin tenggorokan terasa ‘terbakar’, kandungan antioksidan dalam minyak zaitun tersebut semakin tinggi.

Jadi, cermatlah dalam memilih minyak zaitun yang berkualitas. Semoga bermanfaat.
Advertisement advertise here
 
banner here