banner here

Penyakit Anemia dan Pencegahannya

- 04.02.00
Health Happiness and Hope
Penyakit Anemia dan Pencegahannya

Penyakit Anemia dan Pencegahannya. Dalam ilmu medis dijelaskan bahwa anemia terjadi karena kondisi jumlah sel darah merah atau jumlah hemoglobin yang tidak sesuai dari jumlah normal.Fungsi hemoglobin adalh mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh.Apabila produksi hemoglobin kurang dari jumlah normal maka kebutuhan oksigen dalam tubuh tidak tercukupi maka dalam kondisi seperti inilah seseorang dinyatakan mengalami anemia.Jumlah normal sel darah merah pada laki-laki dan wanita tidaklah sama. Umumnya, seorang laki-laki ditetapkan mengalami anemia apabila tingkat hemoglobinya kurang dari 13,5 gram/100ml sedangkan pada wanita adalah kurang dari 12 gram/100ml.

Terjadinya penyakit anemia dapat disebabkan oleh pendarahan seperti menstruasi dan buang air besar kehitaman atau keluar darah. Penyebab lain dapat dikarenakan penyakit kronik seperti penyakit hati, penyakit ginjal, infeksi kronik dan kanker. Faktor genetik juga dapat menjadi penyebab utama seseorang mengalami penyakit ini.

Seseorang yang mengidap penyakit anemia akan mengalami penurunan kondisi fisik seperti mudah lelah, pusing, sakit kepala,kurang bergairah, kurang berselera makan dan daya konsentrasi menurun. Si penderita juga akan merasakan jantung berdetak lebih cepat dan tidak teratur. Nafaspun menjadi pendek-pendek terasa sesak dibagian dada, kulit menjadi pucat dan sering kesemutan.

Terkadang seseorang bisa saja tidak menyadari kalau diriya mengalami penyakit anemia karena mengabaikan gejala-gejalanya. Padahal menyadari gejal-gejalanya sejak  awal dapat membantu untuk mengatasi penyakit tersebut. Misalkan, apabila seorang wanita sering mengalami sering mengalami kehilangan banyak darah saat menstruasi segeralah mencari pengobatan atau kunjungi layanan kesehatan terdekat jika tidak ditangani segera maka akan menimbulkan penyakit anemia.

Pencegahan Anemia

Untuk itu,ada baiknya menerapkan anjuran-anjuran berikut ini agar terhindar dari penyakit anemia.
  1. Konsumsilah sumber makanan yang mengandung zat besi karena zat besi adalah senyawa penting penyusun hemoglobin. Selain itu lengkapi pula dengan makanan yang mengandung folat,vitamin B-12,dan vitamin C.Zat dan vitamin tersebut dapat diperoleh dari nasi, daging sapi,ikan,unggas,sauran berwarna hijau gelap, kacang-kacangan, polong-polongan dan buah-buahan seperti pisang, melon, sitrus dan buah beri.
  2. Hindari minuman yang menghambat penyerapan zat besi seperti the,kopi dn anggur merah saat makan. Sebaiknya berilah jeda dua jam setelah makan apabila ingin mengkonsumsi minuman tersebut. Hal ini dianjurkan agar tubuh mampu menyerap zat gizi dengan baik.
  3. Konsumsilah suplemen zat besi
  4. Istirahatlah yang cukup dan kurangi stress
  5. Olah raga secara teratur
Advertisement advertise here
 
banner here