banner here

Gejala dan Pencegahan TBC atau Tuberkulosis

- 23.55.00
Health Happiness and Hope
Gejala dan Pencegahan TBC atau Tuberkulosis

Gejala dan Pencegahan TBC atau Tuberkulosis. Penyakit TBC atau Tuberkulosis adalah penyakit yang menyerang pada saluran pernapasan karenakan adanya infeksi yang di sebabkan oleh bakteri mikobakterium, Penyakit ini paling sering menyerang paru-paru walaupun pada sepertiga kasus menyerang organ tubuh lain dan ditularkan orang ke orang. Ini juga salah satu penyakit tertua yang diketahui menyerang manusia. Jika diterapi dengan benar tuberkulosis yang disebabkan oleh kompleks Mycobacterium tuberculosis, yang peka terhadap obat, praktis dapat disembuhkan. Tanpa terapi tuberkulosa akan mengakibatkan kematian dalam lima tahun pertama pada lebih dari setengah kasus. Dengan sistem penularan yang cepat penyakit ini dapat menyerang siapa saja dan tidak memandang usia bahkan TBC seringkali menyerang pada usia produktif seperti pada usia 15 sampai dengan 35 tahun.

Baca juga : Batuk Kronis Penyebab dan Pencegahannya

Gejala Umum Penderita TBC

  • Mudah terkena demam dengan waktu yang lama.
  • Berkeringat pada malam hari
  • Sering  terkena influenza.
  • Batuk-batuk yang berkepanjangan, biasanya lebih dalam 3 minggu.
  • Perasaan sering lemah, letih dan lesu.
  • Menurun nafsu makan disertai dengan penurunan berat badan yang drastis.
Baca juga : Waspadai batuk berkepanjangan


Cara mengobati TBC atau Tuberkulosis secara medis berlangsung cukup lama yaitu setidaknya 6 bulan pengobatan dan selanjutnya dievaluasi oleh ahli medis apakah perlu dilanjutkan atau berhenti, karena pengobatan yang cukup lama seringkali membuat pasien putus berobat atau menjalankan pengobatan secara tidak teratur, kedua hal ini ini fatal akibatnya yaitu pengobatan tidak berhasil dan kuman menjadi kebal disebut MDR (multi drugs resistance), kasus ini memerlukan biaya berlipat dan lebih sulit dalam pengobatannya sehingga diharapkan pasien disiplin dalam berobat setiap waktu demi pengentasan tuberkulosis. Keterlambatan dalam menegakkan diagnosa dan ketidakpatuhan dalam menjalani pengobatan mempunyai dampak yang besar bukan hanya pada penderita namun berpengarus besar terhadap lingkungan karena penyakit ini sangat cepat menular pada orang di sekitar.

Baca juga : Cara Mengatasi Batuk Alergi

Pencegahan TBC atau Tuberkulosis

Langkah agar tidak terjadinya penularan pada orang di sekitar penderita adalah sebagai berikut:
  • Tutuplah mulut dengan disaat bersin atau batuk.
  • Jagalah jarak bila sedang berbicara dengan orang lain.
  • Selalu menjemur setiap barang apapun setelah pemakaian (virus akan mati jika terkena sinar matahari).
  • Jagalah selalu kesehatan akan sistem imun dalah tubuh semakin menguat.
  • Bila meludah lakukan di tempat yang terkena sinar mata hari atau tempat yang tertutup sekali.
Mengkonsumsi Obat TBC atau Tuberkolosis alami dengan menggunakan obat herbal merupakan cara menyembuhkan yang dapat membantu mempercepat proses pengobatan yang dilakukan oleh medis.
Advertisement advertise here
 
banner here