banner here

10 makanan Sehat, Jantung Berdebar-debar

- 03.57.00
advertise here
10 makanan Sehat, Jantung Berdebar-debar


10 makanan Sehat, Jantung Berdebar-debar. Jantung berdebar-debar atau dalam bahasa medis disebut “palpitasi” merupakan perasaan atau sensasi detak jantung yang cepat, kuat, dan terkadang tidak beraturan. Ketika tiba-tiba jantung berdebar kencang, entah itu hanya berlangsung singkat, atau berlangsung lama dan tak kunjung mereda, tentu akan membuat seseorang menjadi khawatir. Jangan-jangan ada masalah yang serius pada tubuhnya. Kemudian pertanyaannya adalah apa penyebab jantung berdebar-debar dan bagaimana pula cara mengatasinya.

Penyebab Jantung Berdebar-debar


Proses terjadinya jantung berdebar-debar sebenarnya tidak terlalu rumit, namun tidak akan bisa dipahami tanpa belajar dengan baik. Pada dasarnya, jantung berdebar diakibatkan detak yang abnormal pada jantung. Ada beberapa gejala yang muncul ketika detak jantung mengalami kegiatan yang abnormal, diantaranya adalah munculnya pergerakan cepat (takikardia), melambat (bradikardia) dan bergetar. Selain itu, ada beberapa gejala atau masalah kesehatan lainnya yang mungkin lebih parah lagi.

Baca juga : Manfaat buah delima untuk penyakit Jantung


Ada banyak penyebab jantung berdebar-debar secara tiba-tiba degan cepat. Diantaranya yang paling umum adalah akibat ketidakseimbangan elektrolit, adrenalin, aritmia, gangguan yang berhubungan dengan kecemasan serta penyakit gula darah rendah atau hipoglikemia. Selain itu mengkonsumsi obat tertentu juga bisa menjadi penyebab jantung berdebar. Sedangkan akibatnya cukup banyak, selain terjadi palpitasi, tubuh juga akan mengalami beberapa gejala penyakit, seperti diare, dilatasi pupil, tubuh yang mendingin atau memanas, ketegangan otot dan lain sebagainya.

Meskipun jantung berdebar-debar kencang bisa mengkhawatirkan, namun biasanya ini tidak berbahaya. Walau demikian, dalam beberapa kasus, jantung berdebar debar bisa menjadi bagian dari gejala penyakit jantung yang serius, misalnya detak jantung yang tidak teratur (aritmia) dan ini perlu pengobatan instensif.

Kendati demikian, Anda tidak perlu panik jika mengalaminya. Konsultasikan pada pakar kesehatan jantung untuk mengurangi kecepatan detak jantung Anda. Di samping itu, konsumsi pula makanan-makanan yang mampu mengurangi detak jantung berikut ini.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Aritmia Jantung

10 makanan Sehat, Jantung Berdebar-debar

1. Tahu


Tahu merupakan bahan pangan yang kaya akan kalsium dan vitamin sehingga baik untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, tahu juga baik bagi Anda yang ingin mengurangi berat badan.

2. Pisang

Pisang kaya akan potasium. Mineral ini sangat efektif dalam mengurangi kecepatan detak jantung.

3. Kismis

Kismis juga mengandung potasium tinggi, tetapi rendah sodium. Kismis merupakan salah satu makanan terbaik yang mampu mengobati tarkikardia secara alami.

4. Bayam

Sayuran berdaun hijau seperti bayam kaya akan magnesium. Kekurangan magnesium diketahui sebagai salah satu penyebab tingginya detak jantung dan gangguan jantung lainnya. Maka konsumsi bayam teratur bisa membantu mengatasinya.

5. Almond

Kacang satu ini mengandung antioksidan dan vitamin yang mencegah penyakit jantung dengan mengurangi kadar kolesterol “jahat” dalam tubuh. Almond juga mampu mengontrol nafsu makan sehingga mendapat predikat camilan paling sehat.

6. Susu

Kekurangan kalsium merupakan salah satu penyebab tarkikardia. Oleh karena itu, kandungan kalsium tinggi pada susu bisa jadi  solusinya.

7. Bawang putih

Bawang putih baik bagi kesehatan jantung, terutama dalam hal mencegah penyumbatan pada pembuluh darah. Ini karena bawang putih mampu mengurangi kadar kolesterol “jahat” dalam tubuh. Bawang putih juga kaya antioksidan yang melawan radikal bebas penyebab penuaan.

8. Tomat

Menurut sejumlah studi, tomat dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, tomat juga membantu mengurangi nyeri dada karena heartburn.

Baca juga : Manfaat tomat bagi kesehatan dan kecantikan


9. Alpukat

Potasium digunakan tubuh untuk mengatur aliran listrik di seluruh tubuh, termasuk di jantung. Alpukat kaya akan potasium sehingga mampu membantu jantung untuk tetap sehat.

Baca juga :Daftar buah pencegah kanker


10. Ikan

Ikan seperti tuna, salmon, atau sarden mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi sehingga baik untuk jantung. Ikan-ikan ini juga diketahui efektif untuk mengurangi detak jantung.

Baca juga : Minyak ikan picu risiko kanker prostat




 Sumber : http://obatherbal-murah.com/10-makanan-sehat-jantung-berdebar-debar/

Advertisement advertise here
 
banner here