Minggu, 12 Juni 2016

Resep obat kolesterol tradisional

Sambiloto obat kolesterol tradisional


Resep obat kolesterol tradisional, Kolesterol tinggi dewasa ini sudah menjadi penyakit yang banyak diderita berbagai lapisan masyarakat. Gaya hidup dan pola makan tidak sehat, seperti junk food atau fast-food di tengarai menjadi salah satu penyebab penyakit ini.

Banyak obat dan metode untuk pengobatan kolesterol atau darah tinggi baik secara konvensional medis maupun herbal. Sebagian orang menganggap obat tradisional kolesterol dan darah tinggi merupakan solusi cara menurunkan kolesterol alami. Hal itu karena pengobatan secara alami atau tradisional tidak mengandung efek samping jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

Banyak tanaman obat disekitar kita yang bisa digunakan sebagai obat herbal alami kolesterol tinggi secara turun temurun terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol maupun trigliserida darah.

Mengonsumsi tanaman obat sebagai penurun kolesterol, baik daun, biji, akar, maupun buahnya, tidak serta merta mengonsumsi dalam jumlah yang banyak. Konsumsilah ramuan obat kolesterol tersebut dengan komposisi dan dosis tertentu. Karena dengan dosis dan komposisi yang tepat akan menghasilkan khasiat dan manfaat yang mujarab.

Resep alami obat kolesterol tradisional


Berikut beberapa resep alami sebagai obat kolesterol tradisional dan trigliserida yang dipercaya dapat menurunkan kolesterol tinggi dengan mujarab

1. Alpukat


Buah Alpukat mempunyai kandungan asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, fosfor, kalium, magnesium, zat besi dan glutation, alpukat juga kaya serat serta asam lemak tak jenuh tunggal. Beberapa kandungan dalam apukat ini dipercaya mampu menurunkan kadar trigliserida dan Kolesterol dalam darah.
Caranya adalah dengan makan buah alpukat mentah setiap hari.

2. Kubis


Kubis yang mempunyai nama latin brassica oleracea var. capitate mengandung air, protein, lemak, karbohidrat, serat, kalsium, fosfor, tinamide, dan betakaroten. Kubis atau kol juga mengandung senyawa sianohidroksibutena (CHB), sulforafan, dan iberin yang dapat merangsang pembentukan glutation.
Resep menurunkan kolesterol dengan kubis adalah, cuci kubis atau hingga bersih dan bilas dengan air matang. Potong-potong untuk dibuat dijus. Minum air sari kubis, lakukan ini setiap hari.

3. Belimbing manis


Belimbing manis mempunyai kandungan serat tinggi yang baik untuk memperlancar pencernaan. Disamping itu buah ini mampu mencegah penyerapan lemak sehingga dapat menurunkan kadar Kolesterol dan tekanan darah tinggi. Sementara kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah belimbing dapat berfungsi sebagai antikanker.
Cara mengonsumsi buah belimbing untuk menurunkan kolesterol adalah setelah sarapan pagi dan makan malam, masing-masing makan 1 buah.
Baca juga :Belimbing dan mengkudu, berbahaya bagi ginjal


4. Akar manis


Akar manis yang memiliki nama latin licorice merupakan tanaman obat yang mengandung sejumlah zat seperti triterpenoid, flavanoid, asam ferulic, asam sinapic, asam amino, biotin dan beta-sitoserol.

Cara meramu obat kolesterol tradisional dari akar manis adalah sediakan 10 gram akar manis, lalu direbus dengan 3 gelas air sisakan sampai 1 gelas. Setelah itu dinginkan, saring airnya dibagi menjadi 2 gelas untuk diminum pada pagi dan malam hari.

Perlu diperhatikan, menggunakan akar manis dengan dosis besar dalam jangka panjang tidak dianjurkan. Ada laporan pemakaian akan manis dengan dosis 30-40 gram per hari selama 9 bulan dapat menyebabkan kelemahan oto, hipertensi, edema dan kekurangan kalium.

5. Daun kacang tanah


Cara menurunkan kolesterol dengan daun kacang tanah adalah, siapkan sekitar 1 genggam daun kacang tanah, lalu cuci hingga bersih dan diiris sampai halus. Masukkan irisan daun kacang tanah tersebut ke dalam gelas dan seduh dengan air panas. Diamkan selama lebih kurang 40 menit, kemudian disaring. Minum selagi hangat dan perut masih kosong.

6. Tempe


Tempe ternyata dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 30%. Bahkan mengonsumsi tempe secara rutin akan menurunkan kolesterol jahat hingga 35%. Tetapi untuk mengolahnya harus hati-hati. Tempe yang diolah dengan cara digoreng akan meningkatkan jumlah lemak. Tiap 100 gram tempe yang digoreng mengandung 26,6 gram lemak, sementara kandungan tempe mentah hanya memiliki 8.8 gram lemak.

Cara pengolahan tempe untuk menurunkan kolesterol adalah 100 gram tempe dipotong-potong sesuai selera, lalu direbus, dikukus, atau dibacem untuk dijadikan lauk makan.

7. Angkak


Angkak merupakan hasil fermentasi beras merah dengan kapang Monascus purpureus. Angkak digunakan sebagai suplemen sudah sejak ribuan tahun lalu untuk meningkatkan aliran darah tubuh. Kandungan Lovastatin dalam dalam angkak merupakan komponen bioaktif yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Komponen ini berfungsi sebagai inhibitor dari enzim HMG-CoA yang bekerja membentuk kolesterol dalam hati, sehingga mencegah pembentukan kolesterol.

Cara membuat ramuan angkak sebagai penurun kolesterol adalah tumbuk angkak sampai halus, lalu masukkan ke cangkir, seduh dengan air panas. Minum selagi hangat dan lakukan ini setiap hari.

8. Labu siam


Cara pengobatan kolesterol tinggi dengan labu siam adalah kupas labu siam, kemudian belah menjadi dua bagian, dicuci hingga bersih agar getahnya hilang, Setelah itu diparut, lalu diperas airnya. Rebus air perasan labu siam tersebut sampai mendidih, minum satu gelas air rebusan tadi setiap hari.

9. Sambiloto


Senyawa flavon dalam kandungan Sambiloto bermanfaat mencegah penggumpalan darah (antitrombosis) dan menghancurkan gumpalan darah (trombolisis). Kandungan dalam sambiloto lainnya adalah kadar tinggi kalium, bersifat diuretik yang diperlukan tubuh untuk membantu mengeluarkan air dan natrium untuk menurunkan tekanan darah.

Resep alami obat kolesterol tradisional dengan sambiloto adalah, 20 gram herbal sambiloto kering, direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah itu dinginkan, saring airnya, dan minum ramuan tersebut setiap hari.

10. Jamur kuping putih


Cara membuat obat kolesterol tradisional dengan jamur kuping adalah, sediakan 10 gram jamur kuping putih, potong-potong secukupnya, lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Bisa ditambahkan sedikit pemanis, dinginkan airnya diminum dan jamurnya bisa dimakan.

11. Bawang merah


Senyawa flavonoid yang terkandung dalam bawang merah atau Cepae bulbus, berfungsi sebagai antioksidan dan menurunkan kadar Kolesterol, trigliserida, dan gula darah.

Cara membuat ramuan obat tradisional kolesterol dengan bawang merah adalah 20 gram bawang merah segar diiris tipis-tipis, dimakan bersama nasi. Lakukan 3 kali sehari dengan ukuran yang sama.

12. Bawang putih


Bahan aktif s-allyl cysteine dalam bawang putih atau Allii bulbus, merupakan komponen thioallyl yang berkhasiat untuk hipolipidemik dan antitrombotik. Menambahkan bawang putih ke dalam menu diet dapat menurunkan Kolesterol jahat sekitar 10 persen dalam empat bulan.
Cara mengonsumsi bawang putih sebagai obat kolesterol tinggi adalah, sediakan 1-2 bawang putih diiris tipis-tipis atau dipipihkan lalu ditelan. Lakukan hal ini 2 kali sehari.

13. Kunyit


Curcumae domesticae rhizoma atau kunyit, merupakan tanaman obat yang mempunyai banyak khasiat untuk melancarkan darah dan energi vital, menghilangkan sumbatan, sebagai peluruh kentut dan haid, mempermudah persalinan, antiinflamasi, antibakteri, serta dapat memperlancar pengeluaran empedu ke usus.
Cara pengobatan kolesterol dengan obat tradisional kunyit adalah bersihkan 10 gram rimpang kunyit segar, diiris tipis-tipis. Rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring airnya dan minum sekaligus. Lakukan hal ini 3 kali sehari, selama 12 minggu.

14. Temulawak


Tanaman temulawak atau Curcumae rhizoma bekerja sebagai kolagoga atau memperlancar pengeluaran empedu ke usus.
Cara pengobatan kolesterol dengan temulawak adalah sediakan 3 jari rimpang temulawak segar dikupas kulitnya, lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air panas dan biarkan mengendap. Setelah dingin, buang endapan dan minum airnya. Lakukan setiap hari.

15. Seledri


Seledri mempunyai nama latin Apii graveolentis radix, kandungan asparagin, pentosan, glutamin, tirosin, manit, zat pati, lendir, dan minyak atsiri yang terdapat dalam akarnya berkhasiat memacu enzim pencernaan dan peluruh kencing.
Cara meracik obat kolesterol tradisional dengan seledri adalah sediakan 30 gram akar seledri segar cuci hingga bersih, lalu rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, air disaring lalu minum sekaligus.

Baca juga : Daftar Makanan Berkolesterol tinggi


Dari banyaknya jenis tanaman sebagai obat kolesterol tentunya harus dibarengi dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat serta menghindari Makanan berkolesterol tinggi agar menghasilkan pengobatan yang mujarab.

Itulah beberapa tips resep alami obat kolesterol tradisional dari tanaman obat yang ada disekitar kita.


http://obatherbal-murah.com/resep-obat-kolesterol-tradisional/
Load disqus comments

0 komentar