Rabu, 20 Januari 2016

Khasiat dan manfaat Jinten hitam

Khasiat dan manfaat Jinten hitam


Khasiat dan manfaat Jinten hitam. Sebelum kita mengulas Khasiat dan manfaat Jinten hitam untuk kesehatan. Mungkin ada yang belum tahu, apakah Jinten hitam atau Habbatus sauda itu?

Jinten hitam atau Habatus sauda merupakan tanaman obat yang tumbuh liar pada setiap musim di beberapa kawasan seperti di utara Afrika, Asia dan Jazirah Arab.

Mengutip dari Wkipedia.org Nama ilmiah jinten hitam atau Habbatus sauda adalah Nigella sativa. Nigella Sativa dikenal umum dalam bahasa Arab sebagai Habbat - ul - Baraka ( biji yang diberkahi ) dan dalam bahasa Inggris dengan istilah yang sangat romantis, yakni Love in the Mist ( Cinta dalam kabut ).

Tanaman jinten hitam atau habbatus sauda berbatang pendek, tingginya 50 cm, masih satu famili dengan Adas (Foeniculum capillaceum) dan Anise (Pimpinella anisum), sehingga terkadang dikira salah satu jenis tumbuhan adas. Buahnya berbentuk mirip kapsul, yang di dalamnya terdapat benih berwarna putih dengan bentuk segi empat. Warnanya cepat sekali berubah menjadi hitam jika terkena udara.

Selama lebih dari dua ribu tahun habbatus sauda atau Jinten hitam, telah digunakan secara tradisional oleh berbagai budaya di seluruh dunia sebagai obat alami untuk beberapa penyakit dan untuk meningkatkan kesehatan secara umum.

Orang-orang Mesir kuno telah mengtahui dan menggunakan jinten hitam sebagai obat mujarab. Tutankamun (Firaun dari Dinasti Kedelapanbelas Mesir yang memerintah 1333 SM -1324 SM, pada masa yang disebut Kerajaan Baru Mesir) bahkan punya botol minyak habbatus sauda atau jinten hitam di makamnya!

Bangsa Romawi juga mengenal habbatus sauda atau jinten hitam dengan sebutan "Ketumbar Yunani" dan digunakan sebagai suplemen makanan.

Keberkahan habbatus sauda atau Jinten hitam disebutkan dalam hadist rasulullah, seperti diriwayatkan hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatus sauda, karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali saam. Sedangkan saam artinya kematian.”

Imam Bukhori juga meriwayatkan hadist dari Aisyah R.A bahwasanya ia mendengar Nabi SAW bersabda;

”Sesungguhnya Habbatus sauda ini merupakan obat bagi setiap penyakit, kecuali saam". Aku bertanya, “Apakah saam itu?”. Beliau menjawab, “Kematian.”

Dalam riwayat Muslim:

“Tidak ada suatu penyakit, kecuali penyembuhannya ada didalam Habbatus sauda .”

Tentang manfaat Jinten hitam juga telah dimuat Ibnu Sina dalam Kitabnya, al-Qanun fi al-tibb atau oleh orang barat dikenal dengan nama Canon of Medicine. Ibnu Sina menjelaskan bahwa Jinten hitam merangsang energi tubuh dan membantu pemulihan dari kelelahan.

Pada abad pertama, dokter Dioscoredes Yunani mencatat bahwa Jinten hitam digunakan untuk mengobati sakit kepala, hidung tersumbat, sakit gigi, dan cacing usus.

Sejak tahun 1959, lebih dari 200 penelitian telah dilakukan di universitas-universitas internasional dan artikel yang dipublikasikan di berbagai jurnal telah menunjukkan hasil yang luar biasa yang mendukung penggunaan jinten hitam atau habbatus sauda sebagai obat tradisional.

Salah seorang peneliti Mesir terkemuka Mahfouz dan El - Dakhakhny, menyebutkan bahwa jinten hitam mengandung lebih dari 100 komponen kimia.

Ada dua dari minyak atsiri yang ditemukan dalam Jinten hitam yaitu nigellone dan thymoquinone. Nigellone berfungsi sebagai anti - spasmodik dan bronchodilating, sehingga habbatus sauda sangat bermanfaat terhadap penyakit pernapasan. Ia juga bertindak sebagai antihistamin yang membantu untuk mengurangi gejala negatif penderita alergi, seperti gatal dan bengkak. Thymoquinone mengandung sifat anti - inflamasi dan analgesik yang sangat baik. Ia juga merupakan anti - oksidan yang kuat yang dapat membantu membersihkan tubuh dari racun.

Manfaat Jinten hitam menyediakan pasokan yang kaya asam lemak tak jenuh ganda. Bahan ini memainkan peran penting dalam mempertahankan kesehatan seseorang. Ia juga membantu mengatur metabolisme, membawa racun ke permukaan kulit untuk dikeluarkan, menyeimbangkan kadar insulin, mengatur kolesterol, meningkatkan sirkulasi tubuh, dan meningkatkan fungsi hati yang sehat.

Kekurangan asam lemak tak jenuh ganda dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan termasuk gangguan sistem saraf, abnormalitas pertumbuhan, dan penyakit kulit. Terlepas dari itu, habbatus sauda juga mengandung 15 asam amino, karbohidrat, serat makanan, serta mineral seperti kalsium, zat besi, natrium, kalium, seng, magnesium, selenium, dan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B2, niasin (vitamin B3), dan vitamin C .

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa jinten hitam memiliki peranan sebagai : • anti bakteri • anti virus • anti jamur • Insulin sensitizing dan glukoneogenesis (penambah daya kepekaan fungsi insulin) • anti diabetes • anti ulkus (luka, borok atau bisul) • antispasmodik (anti kejang) • Hepatoprotektif (perlindungan hati) • Anti inflamasi • Renoprotective (pertahanan ginjal) • anti histamine •    anti tumor.

Khasiat dan manfaat Jinten hitam


Berikut khasiat dan manfaat Jinten hitam untuk kesehatan dan pengobatan

Jinten hitam mengatasi gangguan perut dan pencernaan


Manfaat Jinten hitam berkhasiat menyembuhkan kondisi kesehatan yang berkaitan dengan perut. Gangguan perut seperti sembelit, dan perut kembung bisa diatasi dengan Jinten hitam. Selain itu, Jinten hitam efektif melawan bakteri yang dikenal sangat tahan terhadap obat-obatan, seperti bakteri penyebab kolera, E. coli, dan Shigella spp. Dengan demikian, Jinten hitam juga dapat digunakan untuk mengobati gangguan sistem pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti sakit perut, dispepsia, diare, dan muntaber .

Untuk mengobati gangguan pencernaan dengan jinten hitam, ambil setengah sendok teh minyak atau ekstrak Jinten hitam yang dicampur dengan secangkir susu. Minumlah campuran tersebut dua kali dalam sehari. Atau bisa juga dicampur dengan satu sendok teh bubuk jahe, dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak Habbatus sauda .

Manfaat Jinten hitam sebagai sumber nutrisi penting


Jinten hitam mengandung beta-karoten (pro – vitamin A), kalsium, zat besi, sodium dan kalium. Jinten hitam juga memiliki delapan dari sembilan asam amino esensial. Asam amino esensial tidak diproduksi oleh tubuh kita, sehingga harus didapat dari sumber luar.

Untuk keperluan suplemen gizi, Anda bisa minum setengah sendok teh ekstrak atau minyak Habbatus sauda (Jinten hitam) sebanyak tiga kali sehari.

Jinten hitam meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Jinten hitam berkhasiat meningkatkan kekebalan tubuh, terutama untuk orang yang menderita gangguan imunitas tubuh. Menurut penelitian, 1 gram kapsul Jinten hitam yang dikonsumsi dua kali sehari selama empat minggu dapat meningkatkan rasio sel T, antara positif dan negatif hingga 72 %. Meningkatkan kekebalan tubuh ini penting untuk menyembuhkanan pilek, influenza, AIDS, dan penyakit lainnya yang terkait dengan imunitas.

Manfaat Jinten hitam sebagai obat Asma


Histamin adalah sebuah senyawa yang dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh akibat reaksi alergi. Senyawa Crystalline nigellone yang terdapat dalam Jinten hitam memiliki protein kinase C, yaitu substansi yang dikenal dapat menghambat pelepasan histamin. Pemberian Jinten hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar pasien dengan bronchitis, asma dan penyakit alergi lainnya dengan tanpa efek samping .

Para peneliti dari Universitas King Saud, Riyadh, telah melakukan penelitian tentang pengaruh thymoquinone (yang merupakan zat aktif utama pada minyak jinten hitam) terhadap trachea guinea pig (babi hutan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa thymoquinone berkhasit melonggarkan otot trachea, artinya ia melonggarkan trachea dan bronkus. Ini akan membantu pengobatan asma bronkial.

Untuk pengobatan asma dan alergi, ambil secangkir air hangat, tambahkan satu sendok madu, dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatus sauda. Campur dan minum di pagi hari, bisa sebelum sarapan atau setelah makan malam. Selama proses pengobatan ini, hindari makanan yang dingin dan membawa alergen .

Manfaat Jinten hitam sebagai obat kanker


Asam lemak yang terkandung dalam Jinten hitam berkhasiat menghambat perkembangan kanker. Jinten hitam berkemampuan menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, serta produksi interferon, melindungi sel-sel normal, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat .

Untuk pengobatan kanker, campurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh Minyak Habbatus sauda. Minum sebanyak tiga kali sehari. Pengobatan mungkin bisa berlangsung selama empat puluh hari. Selain itu, Anda juga dapat menggosok minyak Jinten hitam pada tubuh yang terkena kanker selama dua minggu.

Jinten hitam mencegah sirosis hati


Dr. Ghomidi dari Universitas King Faishal di Damam melakukan penelitian terhadap tikus percobaan untuk mengetahui pengaruh emulsi Habbatus sauda dalam melindungi hati dari zat beracun yang disebut carbon tetrachloride. Dari penelitian tersebut, terungkap bahwa pemberian emulsi Habbatus sauda mampu mengurangi pengaruh racun dari zat carbon tetrachloride terhadap hati.

Penelitian lain dipublikasikan oleh Majalah Phytother Res, 2003, dimana para peneliti menyatakan bahwa tikus-tikus yang diberi minyak Habbatus sauda lebih kecil resikonya terkena kerusakan organ hati ketika diberikan kepadanya zat-zat beracun seperti carbon tetrachloride.

Manfaat Jinten hitam mencegah kanker hati


Para peneliti di Srilangka telah melakukan penelitian terhadap 60 ekor tikus yang diberi zat diethyl-nitrosamine yang bisa mengakibatkan terjadinya serangan kanker. Sebagian dari tikus itu diberi ramuan jinten hitam atau Habbatus sauda dan sebagian lagi diberi ramuan lain. Para peneliti mengamati tikus-tikus ini selama satu minggu, kemudian mereka meneliti jaringan hati tikus-tikus tersebut, hasilnya adalah pengaruh kanker jauh lebih rendah pada tikus-tikus yang diberi Habbatus sauda. Para peneliti tsb. menyimpulkan bahwa Habbatus sauda berperan melindungi hati dari pengaruh serangan kanker.

Dalam majalah Nutr Cancer 2003, peneliti Univ. Thantha Mesir telah melakukan kajian terhadap 45 ekor tikus yang telah diberi zat kimia yang bisa menyebabkan terjadinya kanker kolon. 30 ekor tikus diantaranya juga diberi minyak Jinten hitam atau Habbatus sauda secara oral. Setelah 14 minggu, para peneliti melihat tidak adanya perkembangan kanker sama sekali, baik di kolon, hati, maupun ginjal pada tikus-tikus yang diberi minyak Habbatus sauda. Satu hal yang mengidentifikasikan bahwa minyak atsiri Habbatus sauda memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya kanker kolon.

Manfaat Jinten hitam untuk Kanker Payudara


Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh majalah Bio Med Sci Instrum, 2003, para peneliti di Missisipi USA menemukan bahwa penggunaan ekstrak Habbatus sauda sangat efektif untuk menghambat perkembangan sel-sel kanker payudara.

Manfaat jinten hitam mengobati peradangan


Thymoquinine yang terkandung dalam Jinten hitam berkhasiat sebagai obat anti inflamasi yang sangat efektif. Anda dapat menggunakan minyak Jinten hitam untuk salep yang diterapkan pada jerawat yang meradang. Untuk mencegah jerawat dan menghaluskan kulit, ambil satu sendok makan minyak zaitun yang dicampur dengan setengah sendok teh minyak Jinten hitam. Gosokkan pada wajah, kemudian cuci wajah dengan air sabun setelah satu jam.

Untuk pengobatan peradangan yang terjadi pada pergelangan kaki dan sendi yang lain, ambil satu sendok makan cuka, dua sendok madu, dan setengah sendok teh minyak Jinten hitam. Gunakan campuran ini dua kali sehari untuk memijat bagian yang meradang.

Untuk radang tenggorokan, masukan beberapa tetes minyak ke secangkir air mendidih dan hirup uapnya. Kemudian ambil setengah sendok teh minyak Jinten hitam campurkan dengan jus lemon, konsumsi setiap hari.

Manfaat jinten hitam untuk memperlancar ASI


Jinten hitam bisa meningkatkan jumlah ASI untuk yang menyusui, karena kombinasi dari unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terkandung di dalamnya. Selain itu, manfaat Jinten hitam juga mengandung arginine, yang penting untuk pertumbuhan bayi.

Untuk memperlancar aliran ASI caranya adalah campurkan Jinten hitam dan madu dengan perbandingan 1 : 1. lalu ambil dua sendok campuran, konsumsi bersama satu sendok teh minyak habbatus sauda setiap hari.

Meningkatkan kecerdasan dan mencegah alzheimer


Jinten hitam mengandung asam linoleat (omega 6), dan asam linolenat (Omega 3), sehingga merupakan nutrisi bagi sel otak yang baik untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, dan relativitas sel otak agar tidak cepat pikun. Jinten hitam juga memperbaiki mikro (peredaran darah) ke otak, dan sangat cocok untuk diberikan pada anak usia pertumbuhan dan lansia.

Manfaat Jinten hitam untuk meningkatan memori otak, caranya satu sendok teh minyak Habbatus sauda dicampur dalam 100mg daun mint, direbus lalu minum airnya satu gelas per hari selama setidaknya 15 hari.

Habbatus sauda atau Jinten hitam untuk Obat HIV/AIDS


Ekstrak heksan biji Jinten hitam (Nigella sativa Lor) potensial dikembangkan sebagai imunomodulator pada penderita imunodefisiensi seperti pasien terinfeksi HIV-AIDS yang mengalami penurunan jumlah sel CD4, kata Akrom M.Kes, dosen Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

“Ekstrak heksan biji Jinten hitam (EHBJH) dapat dikembangkan sebagai agen kemopreventif antikarsinogenesis melalui mekanisme antioksidan sitoprotektif dan imunomodulator,” katanya dalam ujian terbuka promosi doktor di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Senin (4/2/2013).

Menurut dia, efek EHBJH dapat meningkatkan limfosit CD4, CD8, kadar IFNgamma, dan hematoprotektor. Keberhasilan biji Jinten hitam meningkatkan jumlah sel CD4 dan CD8 serta berdampak pada populasi sel CD4CD25Treg memberikan harapan pada pasien-pasien HIV-AIDS yang menjalani terapi antiretroviral (ARV) sebagai terapi ajuvan.

“Meskipun baru skala penelitian laboratorium melalui pemberian ekstrak heksan biji Jinten hitam pada tikus, diketahui timokuinon memiliki efek kemopreventif antikarsinogenesis pada tikus bahkan mampu menurunkan 81-97 persen tingkat kematian, menghambat kerusakan hepar dan ginjal serta meningkatkan jumlah lekosit dan hemoglobin,” katanya.

Ia mengatakan, ekstrak heksan biji jinten juga mampu menurunkan 45-50 persen insidensi pembentukan nodul dan menurunkan 70-90 persen pembentukan adenokarsinoma mamae tikus yang diinduksi dimetilbenz(a)antracene.

Selain itu, aktivitas dan mekanisme imunomodulator antihematoksik ekstrak heksan biji Jinten hitam diketahui mampu meningkatkan jumlah limfosit darah tepi, meningkatkan jumlah limfosit CD4Th, CD8 dan CD4CD25treg, meningkatkan berat limpa dan jumlah limfosit serta aktivitas limfosit dalam mensekresi IFNgamma.

Menurut dia biji Jinten hitam secara empirik sudah dipakai sebagai bahan jamu untuk pengobatan herbal yang mampu mengobati berbagai kelainan di antaranya sebagai imunomodulator, antivirus, antidiabetes mellitus, antikanker, antiasma, dan antiepilepsi.

“Kandungan timokuinon, nigelon, dan asam lemak tak jenuh dalam biji Jinten hitam merupakan kandungan yang diduga bersifat antioksidatif, kemopreventif, dan imunomodulator,” kata Akrom.

Manfaat Jinten hitam untuk Diabetes Mellitus


Manfaat jinten hitam untuk diabetes mellitus, diungkapkan dalam majalah Tohoku J Exp Med, september 2003, para peneliti di Turki melakukan penelitian terhadap 50 ekor tikus yang dijangkiti penyakit Diabetes Mellitus dengan diberi zat streptozotocin pada peritoneum. Tikus-tikus itu dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diberi minyak atsiri Habbatus sauda dalam peritoneum setiap hari selama 30 hari. Sedangkan kelompok kedua diberi cairan mineral tanpa diberi minyak jinten hitam atau habbatus sauda .

Para peneliti mendapati bahwa pemberian minyak Habbatus sauda pada tikus-tikus yang terkena diabetes menyebabkan penurunan kadar gula dalam darah tikus-tikus tersebut, serta peningkatan kadar insulin dalam darah. Selain itu, juga menyebabkan pertambahan dan peningkatan aktivitas sel-sel beta pada pankreas yang bertanggungjawab mensekresikan insulin. Satu hal yang mengindikasikan bahwa Habbatus sauda bisa membantu mengobati penyakit diabetes.

Cara pengobatan diabetes melittus dengan Habbatus sauda atau Jinten hitam adalah sebagai berikut. Campur secangkir Jinten hitam, secangkir biji Mustard, setengah cangkir kulit delima dan setengah cangkir fumitory kering, yang semua bahan telah dihaluskan menjadi bubuk. Konsumsi setengah sendok teh campuran tersebut ditambah dengan satu sendok teh minyak Jinten hitam setiap hari sebelum sarapan selama satu bulan.

Manfaat Jinten hitam obat Alergi


Sebuah penelitian di Jerman yang dipublikasikan Majalah Tohoku J Exp Med, 2003, para peneliti melakukan penelitian terhadap 125 pasien yang terkena alergi (sinusitis, asma bronkial, dan eksim yang disebabkan oleh alergi. Semua penderita alergi tersebut diobati dengan minyak Habbatus sauda dengan dosis antara 40-80 mg/kg berat badan selama sehari. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan gejala pada setiap penderita asma bronkial, sinusitis, atau eksim. Para peneliti tersebut menyimpulkan bahwa minyak Habbatus sauda sangat efektif sebagai suplemen obat untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh alergi.

Jinten hitam melindungi Lambung


Dr. M. El-Dakhakhny dari Univ. Iskandariah Mesir, melakukan kajian pengaruh jinten hitam atau habbatus sauda dalam melindungi selaput lambung dari pelukaan yang disebabkan oleh alkohol pada tikus percobaan. Maka, terbukti bahwa minyak Habbatus sauda atau jinten hitam berkhasiat sebagai pelindung efektif dari pengaruh yang bisa melukai lambung yang ditimbulkan oleh alkohol.

Khasiat jinten hitam sebagai Antioksidan


Khasiat dan manfaat jinten hitam sebagai antioksidan di simpulkan dalam publikasi Majalah J Vet Med Clin Med, 2003, para peneliti mengadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh jinten hitam atau habbatus sauda dalam mencegah oksidasi pada tikus-tikus percobaan yang diberi zat carbon tetrachloride. Sejumlah tikus diberi minyak Habbatus sauda melalui peritoneum. Para peneliti menemukan bahwa minyak Habbatus sauda mengurangi kadar oksidasi lemak, serta meningkatkan aktivitas anti-oksidasi (antioksidan).

Telah diketahui antioksidan membantu melindungi tubuh dari pengaruh radikal bebas yang menyebabkan terjadinya kerusakan jaringan dan timbulnya beberapa penyakit seperti arterosklerosis, kanker, pikun dsb.

Sebuah penelitian lain yang dipublikasikan dalam majalah Drug Chem Toxicol, 2003, menegaskan adanya pengaruh anti-oksidasi (antioksidan) dalam minyak jinten hitam atau Habbatus sauda.

Jinten hitam menurunkan kolesterol dan gula darah


Di Maroko, para peneliti melalukan penelitian tentang efek minyak jinten hitam habbatus sauda terhadap kadar kolesterol dan gula dalam darah tikus percobaan. Tikus-tikus itu diberi 1 mg/kg minyak statis Habbatus sauda selama 12 minggu. Pada akhir penelitian, kadar kolesterol turun 15%, lemak trigliserida turun 22 %, gula darah turun 16,5% serta kadar hemoglobin naik 17,5%. Ini mengindikasikan bahwa minyak habbtus sauda’ efektif menurunkan kadar kolesterol dan gula darah pada manusia.

Jinten hitam melindungi jantung dan pembuluh darah


Sudah lumrah diketahui bahwa peningkatan zat homosisitin dalam darah meningkatkan risiko terjadinya penyakit pembuluh darah jantung, pembuluh darah otak, dan pembuluh darah periferal. Para ilmuwan menemukan bahwa pemberian asam folat, vitamin B6 dan vitamin B12 bisa menyebabkan penurunan kadar homosisistin dalam darah.

Dari sini, para peneliti dari Univ. King Saud-Arab Saudi, melakukan penelitian guna mengetahui pengaruh jinten hitam atau habbatus sauda terhadap kadar homosisitin darah. Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal Int J Cardiol, Januari 2004.

Peneliti memberikan zat thymoquinone (zat aktif dalam Habbatus sauda ) kepada sekelompok tikus percobaan (100 mg/kg), dalam 30 menit, selama seminggu. Para peneliti menemukan bahwa pemberian zat thymoquinone bisa menjadi pencegah yang efektif terhadap kenaikan homosisitin. Hal ini mengindikasikan bahwa Habbatus sauda bisa melindungi jantung dan pembuluh darah.

Manfaat Habbatus sauda atau Jinten hitam untuk mengatasi penyakit jantung dan penyempitan pembuluh darah. Caranya adalah ambil setengah sendok teh minyak Jinten hitam dicampur dengan minuman panas setiap hari di pagi hari. Insyaallah ia akan mencairkan lemak di dinding dalam pembuluh darah dan memperlebar pembuluh darah dan arteri .

Jinten hitam sebagai Penurun Tekanan Darah


Dalam penelitian yang dilakukan oleh Dr. M. El-Dakhakhny yang diterbitkan oleh majalah Therapy, th 2000, dilakukan penelitian tentang pengaruh ekstrak Habbatus sauda (0,6 ml/kg sehari) dalam meluruhkan pembuangan urin dan menurunkan tekanan darah. Tekanan darah turun 22% pada tikus-tikus yang diobati dengan ekstrak Habbatus sauda , sedangkan tikus-tikus yang diobati dengan adalat (obat penurun tekanan darah yang populer) mengalami penurunan hanya 18%. Pembuangan urin pada tikus-tikus yang diobati Habbatus sauda juga meningkat.

Pengobatan Hipertensi dengan Habbatus sauda atau Jinten hitam adalah Campur teh hangat dengan satu sendok teh minyak habbatus sauda , lalu konsumsi dua siung bawang putih setiap pagi sebelum sarapan. Kemudian, gosok seluruh tubuh dengan minyak habbatus sauda setelah itu berjemurlah di panas matahari selama setengah jam, setiap 3x sehari, lakukan selamasatu bulan.

Jinten hitam Mencegah Gagal Ginjal


Para peneliti dari Universitas Al-Azhar melakukan penelitian tentang pengaruh thymoquinone (zat aktif pada Habbatus sauda) terhadap gagal ginjal yang sengaja ditimbulkan pada tikus-tikus percobaan melalui zat doxorubicin. Maka terlihat bahwa thymoquinone menyebabkan berkurangnya pembuangan protein dan albumin dari urin, dan ia benar-benar berkhasiat mencegah oksidasi serta memperlambat faktor-faktor negatif yang berpengaruh terhadap ginjal. Ini mengindikasikan bahwa thymoquinone bisa memiliki peran untuk mencegah terjadinya gagal ginjal.

Untuk pengobatan Batu empedu dan batu ginjal adalah caranya ambil 250 gram Jinten hitam ditambah 250 gram madu (terserah berapa campurannya yang penting 1 : 1), ambil dua sendok makan formulasi ini aduk dengan secangkir air panas, setelah itu camprkan dengan satu sendok teh minyak Jinten hitam. Campuran ini harus diminum setiap pagi sebelum mengkonsumsi makanan.

Manfaat Jinten hitam sebagai Obat Reumatik


Dalaml penelitian yang dipublikasikan majalah Phytother,September 2003, para peneliti di Universitas Aga Khan Pakistan melontarkan pertanyaan;

“Bagaimana jinten hitam bisa berperan dalam meringankan infeksi sendi (artritis) pada para penderita reumatik?”.

Satu hal yang sudah lumrah diketahui oleh para dokter adalah ada zat yang dihasilkan oleh sel-sel makrofag, yang disebut nitric oxide. Para peneliti menemukan bahwa ekstrak jinten hitam menekan produksi nitric oxide, dimana hal itu bisa menafsirkan pengaruh jinten hitam dalam meringankan infeksi sendi.

Dari Universitas Faishol Damam, Dr.Ghamidi mengemukan kajian yang dipublikasikan di jurnal J.Ethno Pharmacol, 2001, bahwa jinten hitam berkhasiat sebagai obat analgesik dan anti-artritis.

Cara mengobati sakit punggung dan rematik dengan Jinten hitam atau Habbatus sauda adalah. Hangatkan minyak habbatus sauda secukupnya, lalu oleskan di punggung atau di bagian tubuh manapun yang terasa sakit atau nyeri. Selain itu konsumsilah satu sendok teh minyak habbatus sauda 3x sehari.

Jinten hitam sebagai pembunuh Bakteri


Dr. Mursi dari Universitas Kairo melalukan penelitian yang dipublikasikan tahun 2000 untuk mengetahui pengaruh jinten hitam terhadap bakteri. Ia meneliti 16 jenis bakteri gram negatif dan 6 jenis bakteri gram positif. Sebagian dari bakteri-bakteri itu terkena pengaruh dari ekstrak Habbatus sauda .

Jinten hitam menghambat perkembangan Jamur


Dalam penelitian yang dipublikasikan majalah Phytother bulan Pebruari 2003, peneliti dari Universitas Aga Khan Pakistan sengaja menjangkiti tikus-tikus percobaan dengan jamur candida albicans dan kemudian diobati dengan ekstrak jinten hitam. Para peneliti menemukan bahwa perkembangan jamur tersebut sangat terhambat.

Manfaat Jinten hitam Untuk Kecantikan


Manfaat Jinten hitam untuk kecantikan karena mengandung vitamin C, vitamin B1, vitamin b2, vitamin6, sodium, asam amino, kalsium zat besi omega 6 dan 9, serta masih banyak lagi yang lain nya.

Sejak jaman mesir kuno habbatusauda atau Jinten hitam sudah dikenal sebagai salah satu biji bijian yang bermanfaat untuk kecantikan. Para mesir kuno sering memanfaatkan Jinten hitam untuk kecantikan kulit mereka.

Cara penggunaanya cukup mudah. Jinten hitam atau minyak Jinten hitam dapat diminum atau dioleskan pada kulit, kandungannya yang kaya akan vitamin dan omega membuat kulit halus dan lembut. Selain itu manfaat Jinten hitam untuk kecantikan juga dapat melawan penuaaan dini atau sebagai anti aging.

Tidak hanya itu minyak Jinten hitam juga berfungsi untuk mengurangi rasa sakit dan iritasi pada kulit yang terluka. Jadi apabila kulit wajah anda terawat kemudian terluka anda dapat memanfaatkan minyak Jinten hitam untuk mengobati nya. Hebat nya dari olesan minyak Jinten hitam pada luka dapat anda lihat hasilnya dalam waktu hanya beberapa jam setelah penggunaan.

Manfaat Jinten hitam Untuk Kecantikan dapat digunakan untuk meremajakan kulit. Cara penggunaan nya cukup mudah. Anda dapat mengoleskan minyak Jinten hitam pada wajah yang sebelumnya sudah dibasahi terlebih dahulu, kemudian tutuplah dengan handuk lembab setelah itu anda diamkan selama kurang lebih 15menit, terakhir bilas muka anda dengan aira bersih. Lakukan tips ini berapa kali dalam seminggu untuk menghilangkan kerutan serta mempertahankan keremajaan kulit.

Manfaat jinten hitam lainnya adalah


Manfaat jiten hitam pengobatan Diare,
Caranya campurkan satu sendok teh minyak Habbatus sauda dengan secangkir yoghurt. Minum campuran tersebut dua kali sehari sampai gejala hilang.

Manfaat jinten hitam untuk mengatasi Batuk kering,
caranya satu sendok teh minyak Habbatus sauda dicampur dalam segelas kopi dan diminum dua kali sehari. Lalu gosok dada dan kembali dengan minyak habbatus sauda .

Manfaat Jinten hitam untuk mengatasi Flu dan Hidung tersumbat,
caranya teteskan 3-4 tetes minyak habatus sauda kedalam lubang hidung

Manfaat jinten hitam untuk mengatasi rambut rontok,
Untuk mengatasi rambut yang mudah rontok dengan jinten hitam caranya adalah dengan mengoleskan kulit kepala secara menyeluruh dengan lemon dan biarkan selama sekitar 15 menit, kemudian bilas, lalu keringkan rambut. Lalu pijat minyak habbatus sauda ke kulit kepala. Selain itu minumlah satu sendok teh minyak habbatus sauda yang telah dicampur segelas teh atau kopi.

Manfaat jinten hitam untuk obat sakit Sakit kepala,
Caranya mengobati sakit kepala dengan jinten hitam adalah gosok dahi dan sisi wajah dekat telinga dengan minyak Habbatus sauda . Juga minum satu sendok teh minyak habbatus sauda sebelum sarapan.

Manfaat jinten sebagai obat sakit gigi
Jinten hitam sebagai obat sakit gigi adalah campur setengah sendok teh minyak habatus sauda dengan air hangat lalu berkumurlah dengannya, kemudian oleskan minyak pada gigi yang terasa sakit, maka akan mengurangi rasa sakit dengan cepat.

Manfaat Jinten hitam untuk penyakit mata & gangguan penglihatan
Caranya penggunaanya gosok kelopak mata dan sisi sekeliling mata setengah jam sebelum tidur dengan minyak Jinten hitam. Konsumsi lah satu sendok makan minyak Jinten hitam yang dicampur dengan secangkir jus wortel.

Manfaat jinten hitam untuk kesuburan
Penyebab ketidaksuburan sangat kompleks dan peluang infertifilitas pada pria dan wanita sama besarnya. Pada wanita misalnya karena penyumbatan sel telur. Pada pria karena azoosperma alias sperma tidak terbentuk. Ramuan berikut dapat dikonsumsi oleh suami dan istri.

Bahan :
• Jinten hitam Nigella sativa 3 kapsul
• Pegagan Centella asiatica  15 g
• Madu  2 sendok makan

Cara membuat :
Pegagan dicuci bersih dan direbus hingga mendidih. Saring dan tambahkan madu. Minum selagi hangat bersama kapsul jintan hitam. Frekuensi konsumsi 2 kali sehari.

Efek samping jinten hitam


Walaupun tanaman obat jinten hitam memiliki segudang khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan, bukan berarti tanaman ini tanpa efek samping. Sesuatu yang berlebihan pastinya tidak baik efeknya. Begitu pula dengan jinten hitam, tanaman obat Jinten hitam memiliki efek samping yang dapat menimbulkan efek panas yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan, efek panas yang dihasilkan dari Jinten hitam ini dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil muda. Maka dari itu, bagi para ibu hamil sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi berbagai jenis produk yang menggunakan bahan dasar dari tanaman Jinten hitam.

Menurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Anwar Gilani beserta dengan teman-temannya yang lain dari Departement Biological and Biomedical Sciences, The Aga Khan University Meedical College, Karachi, Pakistan, yang diterbitkan oleh Pakistan Journal Biological Sciences pada tahun 2004 menyimpulkan bahwa jika seseorang yang sedang hamil muda, jika mengkonsumsi Jinten hitam dengan dosis yang berlebih dapat menyebabkan trjadinya keguguran pada kandungannya. Setelah itu penelitian ini diperkuat oleh peneliti dari india yang mencoba membuktikannya terhadap seekor tikus yang sedang hamil, tikus tersebut diberikan suntikan ekstrak Jinten hitam. Hasil yang ditemukan yaitu kandungan etanol yang terdapat pada Jinten hitam mampu menyebabkan terjadinya induksi pada tikus dengan masa kehamilan 14 sampai 16 post coitum.

Dari hasil penelitian yang dilakukan kedua peneliti tersebut telah membuktikan bahwa, tanaman Jinten hitam memang tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan terutama jika usia kehamilannya itu masih sangat muda karena dapat mengakibatkan terjadinya keguguran.

Load disqus comments

0 komentar