Sabtu, 08 Juni 2013

Manfaat hydroxytyrosol dalam Zaitun

Manfaat hydroxytyrosol dalam Zaitun - Zaitun merupakan buah anugrah yang penuh kejaiban. Tahukah Anda, bahwa zaitun mengandung dua komponen utama, yakni air dan minyak. Sedangkan pada buah anggur hanya mengandung satu komponen yakni air, berbeda lagi dengan buah alpukat dan durian yang hanya mengandung minyak.

Manfaat Zaitun HydroxytyrosolPohon zaitun merupakan tanaman yang tumbuh pada iklim sub tropis, tepatnya di daerah daratan Mediterania. Keunikan zaitun juga terletak pada bijinya yang memiliki 2 lapisan, ada bagian lunak dan kerasnya. Dalam pembuatan virgin olive oil, orang-orang tidak mengetahui kandungan airnya yang sangat berkhasiat. Padahal air yang dibuang mengandung lebih banyak hydroxytyrosol. Hydroxytyrosol merupakan zat aktif yang ditemukan dalam zaitun.

Hydroxytyrosol  tidak hanya terkandung dalam air, tetapi juga ada di daun dan minyaknya. Hanya saja kandungan terbesar hydroxytyrosol ada pada airnya. Memiliki sifat yang larut, sehingga bisa tahan panas sampai 300 derajat celcius.

Senyawa fenolik utama yang ditemukan dalam zaitun ini, dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan. Salah satunya sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Dapat mencegah radiasi ultraviolet sebagai faktor resiko melanoma yang dapat mengakibatkan kanker kulit.

Manfaat Hydroxytyrosol juga dapat mencegah dan memperbaiki LDL (Low density lipoprotein) yang teroksidasi. Penyebab LDL teroksidasi disebabkan oleh udara yang dihirup bersifat radikal sehingga menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Radikal bebas dapat ditangkap dengan hydroxytyrosol, serta LDL yang telah teroksidasi bisa diperbaiki dengan baik oleh polifenol hydroxytyrosol menjadi normal kembali.

Manfaat hydroxytyrosol yang lainnya:

  1. Antiinflamasi.

  2. Antimikroba dan antivirus (penghambatan terhadap bakteri dan jamur).

  3. Antipenuaan dini.

  4. Perlindungan sel-sel kulit.

  5. Nafas kesehatan yang lebih baik dan mengurangi risiko penyakit kronis obstruktif.

  6. Melindungi sel otak.


 
Load disqus comments

0 komentar