banner here

Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan

- 11.34.00
Health Happiness and Hope
Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan, Blueberry merupakan salah satu asupan paling sehat di muka bumi, mengalahkan 39 buah dan sayuran lain karena, kadar kandungan antioksidan yang dimilikinya. Blueberry si kecil dengan manfaat besar Ini menjadikan blueberry sebagai salah satu penangkal kerusakan sel dalam tubuh, memberikan kontribusi terhadap terjadinya serangan jantung dan timbulnya kanker. Sebuah penelitian menemukan, tikus yang mengonsumsi blueberry lebih fokus dan cerdas dibanding tikus yang tidak melahap buah ini.

Para peneliti juga menemukan fakta dimana mengonsumsi blueberry akan meningkatkan konsentrasi dalam jangka pendek dan mampu menjaga kesehatan mental psikologis dalam jangka panjang. Mereka juga menemukan fakta, 200 gram blueberry cukup untuk meningkatkan kekuatan berkonsentrasi sebesar 20% setiap harinya. Disebutkan pula, mengonsumsi buah bisa membantu meregenarasi sel-sel otak yang berhubungan dengan masalah ingatan.

Baca juga : 20 Makanan Penurun Asam Urat


Asal muasal buah blueberry


Semua spesies yang nama umum Inggrisnya meliputi "blueberry" dikelompokkan dalam bagian Cyanococcus dari genus Vaccinium. Beberapa tanaman lain dari genus Vaccinium juga memproduksi beri biru yang kadang-kadang mirip dengan blueberry, terutama bilberry Eropa (Vaccinium myrtillus), yang dalam banyak bahasa memiliki nama yang berarti "blueberry" dalam bahasa Inggris. Meskipun blueberry adalah tumbuhan asli di Amerika Utara, mereka juga tumbuh di Belahan Selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan yang dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.

Kandungan gizi, Vitamin dan Mineral

Manfaat Buah Blueberry adalah karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan blueberry yang kaya akan serat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Blueberry merupakan makanan dengan kandungan gizi terbaik bagi manusia.

Nilai Kandungan gizi per Blueberry100 g (3.5 oz)

  • Energi 239 kJ (57 kcal).
  • Karbohidrat 14,5 g.
  • Diet Serat 2,4 g.
  • Lemak 0,3 g.
  • Protein 0,7 g.

Vitamin dan Mineral

  • Vitamin A 54 IU.
  • Lutein dan zeaxanthin 80 mg.
  • Hiamine (Vit. B1) 0.04 mg
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,04 mg.
  • Niacin (Vit. B3) 0,42 mg.
  • Asam pantotenat (B5) 0,1 mg.
  • Vitamin B6 0,1 mg.
  • Folat (B9 Vit.) 6 mg.
  • Vitamin C 10 mg.
  • Vitamin E 0,6 mg.
  • Kalsium 6 mg.
  • Besi 0,3 mg.
  • Magnesium 6 mg.
  • Fosfor 12 mg.
  • Kalium 77 mg.
  • Seng 0,2 mg.
  • Mangan 0,3 mg.
  • Vitamin K 19 mcg.
Sumber: USDA Nutrient database

Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan

  1. Blueberry untuk Kolesterol Jahat

    Antioksidan yang terkandung dalam buah blueberry membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu juga mencegah darah tinggi dan jantung. Radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dapat netralisasi oleh kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah  blueberry.

    Baca juga : Resep obat kolesterol tradisional
  2. Blueberry untuk Menjaga Fungsi Otak

    Manfaat Blueberry bagi kesehatan otak adalah minum satu cangkir jus blueberry secara rutin ternyata dapat mengurangi stres pada otak dan mencegah penyakit gangguan fungsi otak yakni alzheimer atau dementia. Selain itu kemampuan dalam belajar juga akan meningkat dengan konsumsi blueberry setiap hari secara rutin.

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Free Radical Biology and Medicine menunjukkan bahwa Manfaat Blueberry bagi kesehatan otak dapat mengurangi tingkat kehilangan memori karena faktor usia, karena kandungan antioksidan yang disebut flavonoid, yang mampu mengaktifkan bagian otak yang mengontrol daya ingat dan proses pembelajaran .

    Baca juga :hipertensi merusak kognitif otak
  3. Blueberry untuk kesehatan mata

    Ekstrak Blueberry, mengandung senyawa yang disebut anthocyanins, yang mampu untuk memperlambat berkurangnya fungsi penglihatan.
    Blueberry
    merupakan obat yang tepat untuk mencegah dan mengobati infeksi dan penyakit yang berkaitan dengan fungsi retina dan membantu mengontrol penglihatan agar selalu tajam. Masalah ocular juga dapat ditangani dengan mengonsumsi blueberry secara regular.
  4. Blueberry Mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan

    Serat yang terkandung dalam buah blueberry memiliki banyak manfaat khususnya bagi pencernaan, yakni mencegah konstipasi. Selain itu kandungan vitamin, asam dan fruktosa membantu masalah gangguan pencernaan.
  5. Blueberry dapat melindungi tubuh dari kanker

    Kandungan phytonutrient yang terdapat pada buah blueberry membantu mencegah dan mengobati kanker usus dan kanker rahim.

    Blueberry juga mengandung senyawa fenol yang disebut pterostilbenes, yang tinggi kandungan antioksidan. Menurut National Institutes of Health. Selain memiliki sifat antioksidan, pterostilbenes memiliki sifat antiproliferatif, yang berarti mereka memiliki kemampuan untuk memperlambat dan menghentikan pertumbuhan sel kanker. Pada Mei 2010 di dalam “Journal of Surgery gastrointestinal,” mengungkapkan studi yang dilakukan di University of Vermont melaporkan bahwa ketika kanker diuji terhadap pterostilbenes, pertumbuhan sel kanker tidak hanya melambat, namun sel-sel kanker benar-benar mati.

    baca juga :Mitos dan fakta kanker payudara
  6. Khasiat Blueberry untuk Meningkatkan sistem imun tubuh

    Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, blueberry merupakan sumber antioksidan misalnya anthocyanin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, zat besi dan zinc. Mengonsumsi blueberry secara rutin dapat membantu meningkatkan sistem imun dan mencegah serangan virus dan bakteri.

    Menurut Highbush Blueberry Council AS, Blueberry memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan buah-buahan segar atau sayuran lainnya. Antioksidan memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan menetralisir radikal bebas akibat paparan asap, racun dan pestisida. Sebagian besar kekuatan antioksidan Blueberry berasal dari Anthocyanins (antosianin), pigmen yang bertanggung jawab untuk warna biru Blueberry. Antioksidan tinggi di dalam Blueberry mampu menjaga kualitas sistem kardiovaskular, sistem saraf, sistem pencernaan, menstabilkan gula darah dan mencegah kerusakan otot akibat aktivitas fisik yang berlebihan.
  7. Manfaat Blueberry untuk mencegah infeksi saluran kencing

    Dalam blueberry juga terdapat agen antibiotik yang membantu mencegah infeksi pada saluran urin dengan mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi pada urin.
  8. Manfaat Blueberry untuk kardiovaskular

    Dalam Penelitian berkelanjutan, mengkonsumsi rutin blueberry antara 1-3 bulan bermanfaat menstabilkan tingkat lemak di dalam darah, termasuk penurunan kolesterol total, meningkatkan kolesterol baik / HDL dan menurunkan trigliserida. Pada saat yang sama, Blueberry  juga mampu untuk membantu melindungi komponen darah (seperti kolesterol LDL) dari kerusakan oksigen, yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Perlindungan juga ditujukan untuk sel yang melapisi dinding pembuluh darah serta mampu menstabilkan tekanan darah.
  9. Manfaat Blueberry untuk Menyehatkan Jantung

    Manfaat Blueberry dapat membantu mengurangi risiko terkena serangan jantung karena mengandung kadar tinggi senyawa anthocyanins yang dapat membantu memperluas arteri dan mencegah penumpukan plak yang umumnya menjadi penyebab sakit jantung.

    Baca juga : Gejala dan Penyebab Aritmia Jantung
  10. Manfaat Blueberry Memecah Lemak Perut

    Sebuah studi oleh University of Michigan Cardiovascular Center menunjukkan bahwa polifenol yang terkandung di dalam Blueberry dapat memecah lemak perut dan mengurangi faktor risiko sindrom metabolik.
  11. Manfaat Blueberry untuk Kesehatan Tulang

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Bone and Mineral Research pada tahun 2010 menunjukkan Blueberry memainkan peran penting dalam perkembangan tulang karena tingginya kandungan mangan di dalam Blueberry.

    Baca juga : Penyakit tulang dan pencegahannya

Setelah mengetahui manfaat buah blueberry bagi kesehatan, berikut ini manfaat blueberry untuk kecantikan :
  • Kandungan antioksidan dan anti-inflamasi serta agen anti-penuaan yang terkandung pada blueberry membantu dari bahaya penuaan dini.

  • Manfaat buah blueberry untuk kulit

    Masker blueberry untuk facial dapat membantu memperbaiki dan melindungi kulit dari bahaya yang disebabkan karena stres dan paparan sinar matahati. Selain itu pemakaian masker blueberry secara rutin juga membuat kulit menjadi lembut, kenyal dan terlihat menakjubkan.

    Baca juga : Kanker kulit bukan hanya karena matahari

  • Mencegah keriput

    Antioksidan pada blueberry membantu mencegah timbulnya kerutan pada wajah dan membuat awet muda.

  • Perawatan Jerawat

    Tips manfaat buah blueberry untuk kulit dengan minum jus blueberry secara rutin. Bagi wajah yang sudah berjerawat, blueberry juga dapat mengatasi permasalah tersebut dan membuat kulit menjadi bebas jerawat serta lebih lembut.


Sumber : http://obatherbal-murah.com/khasiat-dan-manfaat-blueberry-bagi-kesehatan/
Advertisement advertise here
 
banner here